Dark/Light Mode

Dubes Mohamad Oemar Bangga Wayang Berbahasa Prancis Hipnotis Warga Kota Evry

Senin, 21 Februari 2022 08:59 WIB
Dubes Indonesia Untuk Prancis Mohamad Oemar. (Foto: KBRI Paris)
Dubes Indonesia Untuk Prancis Mohamad Oemar. (Foto: KBRI Paris)

 Sebelumnya 
Tepuk tangah riuh sebagai wujud apresiasi penonton, mengakhiri pertunjukan malam itu. Pertunjukan wayang tersebut merupakan penutup dari serangkaian seminar sehari tentang epik dan musik yang diadakan di Universitas Evry, yang dikoordinir Anitha Herr.

Materi seminar mengenai wayang kulit, dipresentasikan Kati Basset, etnomusikolog dari Inalco Paris Kati mempresentasikan berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia.

Baca juga : Tanpa Pengawalan, Gus Yasin Sowan Ke Warga Kontra

Wayang Bali, wayang Jawa, dan wayang Cirebon. Secara paralel, juga diadakan pelatihan gamelan yang diikuti 23 mahasiswa.

“Para mahasiswa inilah yang nanti menjadi duta promosi budaya Indonesia dan kerja sama akademis khususnya di Universitas Evry,” terang Dubes Oemar.

Baca juga : Master PKHI Hipnotis Warga Kendari

Wayang dan gamelan merupakan warisan budaya tak benda Indonesia yang telah diakui UNESCO. Wayang diakui pada 2008. Kemudian gamelan diakui pada Desember 2021.

Di akhir pidatonya, Dubes Oemar berharap agar pandemi Covid-19 cepat berlalu. Sehingga masyarakat Prancis dapat kembali mengunjungi Indonesia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.