Dark/Light Mode

Oleh-oleh Menlu Retno Marsudi Usai Bertemu Menlu Dan Menhan Prancis

Senin, 21 Februari 2022 15:46 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu  Prancis, Jean-Yves Le Drian di Paris, Prancis, Minggu, 20 Februari 2022. (Foto Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Prancis, Jean-Yves Le Drian di Paris, Prancis, Minggu, 20 Februari 2022. (Foto Kemlu RI)

 Sebelumnya 
Mengenai kerjasama transisi energi. Indonesia tekankan pentingnya transfer teknologi yang terjangkau dan investasi agar semua negara dapat lakukan transisi energi tanpa korbankan pembangunan dan pemenuhan SDGs.

Menlu RI juga mengajak Prancis untuk meningkatkan investasi di Indonesia, terutama di bidang transisi energi. Hal ini sejalan dengan kesepakatan kedua negara yang tertuang dalam Letter of Intent on Cooperation to Accelerate Energy Transition in Indonesia.

Baca juga : Bertemu Menlu Perempuan Negara Pasifik, Retno Marsudi Bahas 4 Hal

Terkait kerja sama perdagangan, Menlu RI mendorong agar di masa Presidensi Prancis di Uni Eropa, dapat dicapai kemajuan  dalam perundingan I-EU CEPA ( Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement).

Retno juga berharap, tidak lagi ada diskriminasi terhadap kelapa sawit. Termasuk dalam rancangan regulasi UE yang baru terkait deforestation free products.

Baca juga : Cegah Kekerasan Seksual di Desa, Gus Halim Imbau Desa Terbitkan Perdes

Terkait isu Indo Pasifik, Menlu Retno menyampaikan, pada ASEAN Retreat, ASEAN telah mendukung usulan Indonesia mengenai concept paper on Mainstreaming Four Priority Areas of the ASEAN Outlook on Indo Pasific.

Retno mengajak Prancis berpartisipasi dalam kerja sama konkret di bidang maritim, SDGs, perdagangan dan investasi.

Baca juga : Bamsoet Minta Vaksinasi Booster Untuk Lansia Dan PBI BPJS Kesehatan Gratis

“Saya berharap Prancis menjadi salah satu negara pertama yang membangun kerja sama dengan ASEAN di bisang maritime, SDGs, perdagangan, dan investasi," kata Retno.

Isu Myanmar
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.