Dark/Light Mode

Putin Telepon Tiga Negara, Presiden Iran: AS Dan NATO Biang Konflik Rusia Vs Ukraina

Jumat, 25 Februari 2022 13:16 WIB
Warga berkumpul di stasiu metro di Kiev, Ukraina sambi mencari tempat berlidung dari konflik senjata, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto Reuters/Umit Bektas)
Warga berkumpul di stasiu metro di Kiev, Ukraina sambi mencari tempat berlidung dari konflik senjata, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto Reuters/Umit Bektas)

 Sebelumnya 
Sedangkan dalam panggilan teleponnya dengan Putin, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyatakan pemahamannya bahwa Amerika Serika (AS) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sebagai pemici konflik Rusia Ukraina, kedua negara jiran itu.

"Ekspansi NATO ke arah timur menciptakan ketegangan dan merupakan ancaman serius bagi stabilitas dan keamanan negara-negara merdeka di berbagai bidang," kata Raisi dikutip Iran Nour News.

Baca juga : Panjat Kandang Harimau, Pria AS Ditangkap Polisi

"Saya berharap hal yang terbaik bagi masyarakat dan seluruh wilayah," katanya.

Putin juga menjelaskan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi tentang sikap Moskow terhadap masalah Ukraina.

Baca juga : Presiden Taiwan Cemas China Manfaatkan Konflik Rusia Ukraina

"Ketika membahas situasi tersebut, Putin menguraikan penilaian fundamentalnya tentang tindakan agresif Kiev terhadap penduduk sipil Donbass, serta tentang kebijakan destruktif Kiev selama bertahun-tahun yang bertujuan melanggar perjanjian Minsk," kata Kremlin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.