Dark/Light Mode

Pintu Perbatasan Negara Dibuka Per 1 April, Malaysia Hapus Karantina

Selasa, 8 Maret 2022 20:02 WIB
Pintu Perbatasan Negara Dibuka Per 1 April,  Malaysia Hapus Karantina

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob memastikan, tidak ada kewajiban karantina bagi seluruh pelaku perjalanan luar negeri yang datang ke negaranya. Seiring fase menuju transisi endemi, yang berlaku mulai 1 April mendatang.

Turis asing hanya perlu menjalani tes PCR dua hari sebelum keberangkatan, dan tes antigen dalam tempo 24 jam setelah tiba di Malaysia.

Aturan lebih rinci terkait pembukaan pintu perbatasan, terutama untuk jalur darat dan laut, akan disampaikan besok. 

Baca juga : 1 April, Malaysia Masuki Fase Transisi Menuju Endemi Covid

Begitu pula status vaksinasi lain, seperti mereka yang tidak menerima vaksin karena alasan medis.

"Untuk negara yang masih menutup pintu sempadannya, rakyat masih boleh memanfaatkan fasilitas Vaccinated Travel Lane (VTL), yang telah disetujui pemerintah Malaysia dengan negara terkait," ujar Ismail Sabri dalam keterangannya, Selasa (8/3).

Sejauh ini, pemerintah Malaysia telah mengoptimalkan fasilitas VTL dengan Singapura sejak tahun lalu. Selain itu, juga ada Malaysia-Thailand, Malaysia-Brunei, dan Malaysia-Indonesia.

Baca juga : Warga Malaysia Siap Merayakan Idul Fitri

Pada kesempatan yang sama, Ismail Sabri juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga Malaysia yang selama ini telah berdisiplin dalam mematuhi SOP. Serta menyokong setiap inisiatif pemerintah dalam memerangi Covid-19.

"Tanpa sumbangan seluruh keluarga Malaysia, negara tidak akan boleh beralih ke fase transisi endemi. Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh menteri, yang telah menjalankan setiap strategi memerangi Covid," pungkas Ismail Sabri. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.