Dark/Light Mode

Negeri Kanguru Anggap Corona Cuma Flu Biasa

Senin, 14 Maret 2022 06:25 WIB
Perdana Menteri Australia Scott Morrison. (Foto: William WEST / AFP).
Perdana Menteri Australia Scott Morrison. (Foto: William WEST / AFP).

 Sebelumnya 
Tak cuma Australia, sejumlah negara juga telah melonggarkan aturan terkait Covid-19. Negara-negara itu adalah Inggris, Denmark, Irlandia, Belanda, Prancis dan Norwegia. Kebanyakan dari negara-negara ini sudah melonggarkan aturan sejak awal Februari 2022.

Denmark mengucapkan selamat tinggal pada masker dan kartu kesehatan Covid-19. Negeri itu menjadi negara Uni Eropa (UE) pertama yang mencabut semua pembatasan pandemi, meski masih mengalami rekor kasus Corona, terutama varian Omicron.

Baca juga : 3 Negara Ini Sudah Longgarkan Restriksi, Indonesia Sampai Mana?

Di Prancis, Pemerintah telah melonggarkan beberapa aturan pembatasan setelah adanya penurunan kasus infeksi Covid-19 awal Februari. Kini, mengenakan masker di luar ruangan tidak lagi diwajibkan. Batas kapasitas penonton untuk teater, konser, pertandingan olahraga, dan acara lainnya pun dicabut.

Bekerja dari rumah (work from home) juga tidak lagi menjadi keharusan. Namun, Pemerintah menekankan WFH tetap sangat disarankan.

Baca juga : Biden Tuding Putin Serang Ukraina, China Bela Rusia

Sementara di Norwegia, Pemerintahan pimpinan Perdana Menteri Jonas Gahr Stoere mengatakan, restoran akan kembali diizinkan menyajikan alkohol di luar pukul 11 malam. Bekerja dari rumah tidak lagi wajib dan batas 10 pengunjung di rumah pribadi akan dihapus.

Langkah ini dilakukan negara Nordik itu, justru di saat kasus sedang meninggi. Stoere mengatakan, meski kasus meningkat, jumlah keterisian rumah sakit cukup sedikit, mengingat vaksinasi yang sudah cukup mencakup porsi besar populasi. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.