Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerahkan ALat Berat, PUPR Buka Kembali Jalur Kebon Kopi

Selasa, 4 Juni 2019 23:14 WIB
Jalur Kebon Kopi Sulteng kembali dibuka.
Jalur Kebon Kopi Sulteng kembali dibuka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dinakodai Basuki Hadimuljono langsung bergerak cepat memulihkan arus lalu lintas yang sempat terputus akibat longsor yang terjadi pada ruas jalan Tawaeli – Kebonkopi – Toboli atau dikenal sebagai jalur Kebon Kopi, Sulawesi Tengah (Sulteng)  pada  4 Juni 2019  pukul 04.00 WITA.

Kepala BPJN XIV Palu, Sulteng A Satriyo Utomo mengungkapkan, ada lima titik longsoran besar dan sejumlah longsoran kecil yang mengakibatkan terputusnya arus lalu lintas pada koridor Tawaeli -Kebonkopi -Toboli.

Hal tersebut, mengakibatkan antrean kendaraan yang cukup panjang baik dari arah Parigi maupun dari arah Palu. Sebagian besar longsoran besar terjadi pada lokasi pekerjaan penanganan jalan yang sedang dilakukan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XIV Palu, Sulteng. Longsor besar tersebut, menutup badan jalan sehingga arus lalu lintas terputus yakni pada 4 titik yakni di KM 56+300, 57+500, 57+700, 59+300, dan 59+700.

Baca juga : Kemenangan Jokowi Berkat Kesolidan NU

“Penanganan tanggap darurat langsung dilakukan pada hari yang sama dimulai pagi hingga siang hari. Pembersihan diutamakan pada lokasi longsoran besar. Alat yang digunakan untuk pembersihan longsoran antara lain 2 unit Excavator, 2 unit Wheel Loader, 2 unit Bulldozer, dan 1 unit Grader,” ungkap Satriyo dalam siaran persnya kepada RMco.id, Selasa (4/6).

Satriyo mengatakan,  target utama penanganan darurat adalah jalan bisa fungsional. Alat berat diarahkan untuk membersihkan longsoran sehingga membuka arus lalu lintas minimal 1 lajur agar kendaraan yang sudah mengantri dapat melintas namun masih bergantian pada beberapa titik.

“Pada pukul 14.30 WITA, jalan sudah dapat dilintasi kendaraan dua arah. Selanjutnya, terus pembersihan dan perapihan jalan sehingga bahu jalan dan lajur lalu lintas dapat dilalui secara normal,” kata Satriyo. 

Baca juga : Pemkab Lebak Janji Penuhi Kebutuhan Korban Banjir

Ruas jalan Tawaeli – Kebonkopi - Toboli (KM 19+100 – KM 67+000) merupakan bagian dari koridor ekonomi yang menghubungkan antara Sulawesi Selatan – Sulawesi Barat – Sulawesi Tengah – Gorontalo – Sulawesi Utara. Ruas ini merupakan satu –satunya akses Jalan Nasional yang menghubungkan Lintas Barat dengan Lintas Tengah di Provinsi Sulteng. 

Ia menjelaskan, permasalahan yang terjadi pada koridor ini adalah stabilitas lereng akibat formasi batuan penyusun di sepanjang ruas sebagian besar sudah terkekarkan serta batuan lapuk yang menyebabkan terjadi longsor dari sisi tebing. 

Akibatnya, tertutupnya badan jalan oleh material longsor ataupun longsor pada sisi lereng bawah yang mengakibatkan badan jalan ikut mengalami longsor.

Baca juga : Mari Rekatkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pada anggaran 2019, terdapat 4 paket penanganan lereng pada koridor tersebut yang dilakukan oleh BPJN XIV Palu, Sulteng yakni Paket Rekonstruksi dan Penanganan Lereng Tawaeli – Nupabomba – Kebonkopi – Toboli II (MYC), Rekonstruksi dan Penanganan Lereng Tawaeli – Nupabomba – Kebonkopi – Toboli III (MYC), Penanganan Longsoran Tawaeli – Nupabomba – Kebonkopi – Toboli IV dan Penanganan Longsoran Tawaeli – Nupabomba – Kebonkopi – Toboli V. 

Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019, Kementerian PUPR menyiagakan 1 posko mudik di ruas jalan tersebut tepatnya Km 44+000. Posko dilengkapi alat berat berupa excavator, wheel loader, Bulldozer, dan Grader. Kepada para pemudik dihimbau untuk senantiasa berhati-hati melintas dan mengikuti instruksi petugas di lapangan untuk keselamatan bersama. (FIK)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.