Dark/Light Mode

Duta Besar Australia Untuk Indonesia Gary Quinlan

Gelar Pameran Seni Kontemporer Indonesia Di Galnas Australia

Senin, 24 Juni 2019 04:30 WIB
Dubes Gary Quinlan (keenam kanan di belakang) bersama para seniman Indonesia dalam pembukaan pameran seni di Galeri Nasional Australia. (Foto : Dok Kedutaan Besar Australia, Jakarta).
Dubes Gary Quinlan (keenam kanan di belakang) bersama para seniman Indonesia dalam pembukaan pameran seni di Galeri Nasional Australia. (Foto : Dok Kedutaan Besar Australia, Jakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 20 seniman muda dari Bali, Bandung, Yogyakarta dan Jakarta berkesempatan memamerkan karya terbaik mereka dalam pameran seni kontemporer Indonesia di Galeri Nasional Australia.

Pameran yang berlangsung pada 21 Juni-27 Oktober bertajuk ‘Contemporary Worlds: Indonesia’ itu, merupakan cerminan perubahan sosial dan politik Tanah Air dalam kurun 20 tahun terakhir.

Baca juga : Apresiasi Prestasi Paduan Suara Dialita

“Pameran ini menggarisbawahi semakin pentingnya industri kreatif bagi hubungan Australia-Indonesia, bagi para seniman dan wirausahawan kreatif kami mengenal satu sama lain,” terang Dubes Quinlan, yang ikut membuka pameran di Galeri Nasional Australia, Sabtu (22/6) lalu.

Menurutnya, pameran seni kontemporer Indonesia ini terbesar di Australia dan salah satu yang terbesar di luar Indonesia. Pameran bertempat di Galeri Nasional Australia mencakup lukisan, patung, instalasi, gambar bergerak, fotografi dan tekstil, serta menampilkan seni pertunjukan dan pemutaran film serial yang dikurasi oleh sutradara film terkenal Indonesia, Garin Nugroho.

Baca juga : Dapet Surprise Di Perayaan Ultah Ratu Elizabeth II

Seniman Indonesia yang berpartisipasi, termasuk Eko Nu- groho, Zico Albaiquni, Tisna Sanjaya, Melati Suryodarmo dan FX Harsono. Pameran dikurasi tim kurator seni Asia dan seni kontemporer Galeri Nasional Australia.

Galeri Nasional Australia di Canberra adalah museum nasional dan lembaga budaya untuk seni visual Australia, yang menampilkan pameran-pameran kelas dunia dari seniman Australia dan Internasional. Ada lebih dari 150.000 koleksi dunia seni.

Baca juga : Promosikan Yoga Bareng Kemenpar

Termasuk galeri khusus untuk seni Asia yang menampung koleksi seni Indonesia. “Seni memberi cara yang bermakna dan menarik bagi penikmat seni Australia untuk belajar dan memahami tentang salah satu tetangga paling penting kami, Indonesia,” kata Direktur Galeri Nasional Australia, Nick Mitzevich.

Menurutnya, kumpulan karya dari beberapa seniman paling dinamis di Indonesia tersebut merupakan manifestasi yang sangat menarik dan mendalam dari transformasi besar yang telah dialami Indonesia dalam dua dekade terakhir. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.