Dark/Light Mode

Kesenian Indonesia Meriahkan Museum Night 2019 di Budapest

Selasa, 25 Juni 2019 08:12 WIB
Inilah kesenian tradisional khas Bali, yang turut memeriahka  Museum Night 2019 di Hopp Ferenc Museum, Budapest, Hongaria, Sabtu (22/6). (Foto: KBRI Hongaria)
Inilah kesenian tradisional khas Bali, yang turut memeriahka Museum Night 2019 di Hopp Ferenc Museum, Budapest, Hongaria, Sabtu (22/6). (Foto: KBRI Hongaria)

RM.id  Rakyat Merdeka - Riuh tepuk tangan penonton terdengar tiap kali tim kesenian Indonesia selesai membawakan satu pertunjukan kesenian dalam acara “Museum Night 2019” di Hopp Ferenc Museum Budapest, Hongaria, Sabtu (22/6).

Dalam pertunjukan berdurasi 30 menit, tim kesenian KBRI Budapest tampil membawakan tiga macam pertunjukan. Pertunjukan pertama dimulai dengan kesenian Rindik Bali dan Ceng-ceng, yang mengiringi tari Joged asal Bali. Penampilan yang ditampilkan Alumni Darmasiswa itu, berhasil memukau pengunjung acara tersebut.

Dalam pertunjukan kedua, tim kesenian KBRI Budapest menampilkan Gamelan dari Grup Gamelan Topong Bang, yang menembangkan dua lagu. Grup gamelan yang semua pesertanya adalah orang Hongaria ini, semakin menunjukkan kekayaan dan keunggulan Indonesia. Terutama, dari segi instrumen musik.

Baca juga : Siamo Indonesia Meriahkan Hari Musik Italia di Halaman Pantheon Roma

Pertunjukan Indonesia ditutup dengan penampilan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hongaria dengan Tarian Saman yang menghentak. Tarian asal Aceh yang berbeda dari tari-tarian yang lazim ditarikan oleh orang Hongaria itu, sangat menarik minat penonton yang datang pada sore itu.

'Dilihat dari panjangnya tepuk tangan penonton, kelompok Indonesia sudah sangat berhasil. Saya belum pernah melihat sebuah pertunjukkan yang sangat kaya. Ini membuat saya penasaran dengan Indonesia," ujar Brittig Vera, Kurator pada Museum Hopp Ferenc, usai pertunjukan.

Terkait hal ini, Titania Arimbi, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Budapest menyampaikan bahwa Museum Night adalah kesempatan yang sangat baik untuk promosi Indonesia. “Museum Night adalah malam yang spesial, dimana semua museum terbuka untuk umum hingga dini hari” ujar Titania.

Baca juga : Pengamat: Perempuan Indonesia Rentan Jadi Target Radikalisasi

“Masyarakat Hongaria berbondong-bondong ke Museum pada Sabtu (22/6). Kesempatan untuk promosi ini harus kita ambil dan manfaatkan” pungkasnya.

Museum Night atau terkenal dengan sebutan Múzeum Éjszakája merupakan acara tahunan yang dikoordinir Kementerian Sumber Daya Manusia Hongaria. Pada malam tersebut, semua museum akan terbuka untuk umum hingga dini hari. Masyarakat dapat mengunjungi semua museum yang ada di Hongaria.

Acara yang hanya berlangsung selama satu hari ini, merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebab, pada malam ini, museum-museum sibuk mempercantik diri dan menyuguhkan aneka pertunjukan spesial untuk menarik minat masyarakat.

Baca juga : Menpora Apresiasi Ajang Porpamnas 2019 di Bandung

Hopp Ferenc Azsiai Museum adalah museum khusus artefak-artefak Asia, yang juga memamerkan barang-barang dari Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.