Dark/Light Mode

Sowan Ke Menkominfo, Dubes AS Sung Yong Kim Bahas Kerja Sama Digital

Rabu, 30 Maret 2022 07:50 WIB
Dubes Sung Yong Kim  (kanan) usai bertemu Menkominfo  Johnny Plate, Senin (28/3). (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Dubes Sung Yong Kim (kanan) usai bertemu Menkominfo Johnny Plate, Senin (28/3). (Foto: Dok. Kemenkominfo)

 Sebelumnya 
Johnny mengatakan, kandidat Sekjen iTU yang diusung Amerika Serikat memiliki pengalaman yang baik. Karena itu, Pemerintah Indonesia menyatakan dukungan terhadap calon Sekjen iTU dari AS tersebut.

“Sebentar lagi kan ada pergan tian Sekjen iTU. Amerika punya kandidat yang hebat, yang bagus, yang kami diskusikan, dan kebetulan juga kita sudah me ngenal dengan baik. Indonesia akan mendukung kandidat yang Amerika calonkan,” tuturnya.

Baca juga : Bertemu Dubes AS, Menkominfo Bahas Forum ITU & Kerja Sama Digital

Menkominfo menjelaskan, sebaliknya, Pemerintah Amerika Serikat menyatakan akan memberikan dukungan untuk Indonesia dalam forum-forum berskala internasional. Di antaranya di Asia Pacific ITU Council Member yang selama ini memang Indonesia sudah duduk.

“Saya mengusulkan juga ka lau Amerika bisa mendukung indonesia di radion regulation Board member,” jelasnya.

Baca juga : Menkominfo Ingatkan Pengelola Platform Digital Jangan Langgar Hukum

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo dan Dubes AS juga membahas kerja sama antar kedua negara di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), baik infrastruktur hulu (upstream) maupun hilir (downstream).

Untuk kerja sama bidang digital, Johnny menyatakan, tidak ada pembahasan secara detail dan teknis. Pembahasan keduanya lebih berkaitan dengan kebijakan antar kedua negara.

Baca juga : Ketemu Dubes Rusia, Gus Muhaimin Dorong Perdamaian Di Ukraina

Mengenai kerja sama satelit Satria1, Menkominfo menjelaskan diproduksi oleh Thales, pabrikan Prancis. Dia juga menjelaskan perkembangan kerja sama setelah penandatanganan Hot Backup Satellite (HBS) buatan Boeing, AS, dengan kapasitas yang sama dengan Satria1 sebesar 150 Gbps.

Kedua satelit ini akan diluncurkan menggunakan roket Amerika Serikat, yaitu SpaceX. “Jadi, kerja sama di bidang TiK antara Indonesia dan Amerika sebetulnya sudah berlangsung sangat lama,” tandasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.