Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Rosan Roeslani Tanda Tangani Pakta Ramah Lingkungan

Senin, 4 April 2022 06:44 WIB
Dubes Rosan Roeslani menunjukkan Pakta Ramah Lingkungan yang ditandatanganinya. (Foto KBRI Washington DC)
Dubes Rosan Roeslani menunjukkan Pakta Ramah Lingkungan yang ditandatanganinya. (Foto KBRI Washington DC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh jajaran Perwakilan Indonesia di Amerika Serikat (AS) menandatangani Pakta Ramah Lingkungan pada Jumat (1/4). Ini pertama kali dilakukan Perwakilan Indonesia di negara penempatan.

Menurut Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk AS Rosan Roeslani, implementasi Pakta Ramah Lingkungan ini akan mencakup seluruh aspek. Mulai dari pemberdayaan manusia dalam tata kelola pembangunan berkelanjutan, institusi yang kuat serta penganggaran inklusif, akan diprioritaskan dan diberdayakan.

Baca juga : Mentan Jamin Ketersediaan 12 Pangan Dasar Selama Ramadan

“Selain berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon, inisiatif gerakan ramah lingkungan di seluruh perwakilan Indonesia di Amerika Serikat ini bertujuan meminimalkan, mengadaptasi serta memitigasi dampak perubahan iklim di tempat kerja,” ujar Rosan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/4).

Perwakilan RI di Amerika Serikat menandatangani Pakta Ramah Lingkungan. (Foto RM/KBRI Washington DC)

Dengan pakta ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC bertekad menerapkan tata kelola pembangunan berkelanjutan dan budaya korporasi ramah lingkungan secara holistik. Serta mencapai implementasi secara penuh dan utuh pada 2025.

Baca juga : G20 Empower Berikan Solusi Tantangan Perempuan Bangun Ekonomi

Sebagai langkah pertama implementasi, KBRI Washington DC akan menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle melalui manajemen dan pengolahan limbah. Serta tidak menggunakan produk plastik sekali pakai.

Selain itu, KBRI akan mengganti moda transportasi secara bertahap dengan menggunakan kendaraan berbasis listrik atau rendah karbon.

Dubes dan jajaran staf KBRI Washington DC menandatangani Pakta Ramah Lingkungan. (Foto RM/KBRI Washington DC)

Baca juga : PBB Pastikan Mesin Pengolah Limbah Trafo PPLI Ramah Lingkungan

Rosan mengatakan, gedung KBRI Washington DC yang telah berusia lebih dari 120 tahun juga akan dievaluasi untuk menerapkan energi bersih dan efisien.

Seremoni penandatanganan Pakta Ramah Lingkungan diikuti Kepala Perwakilan RI dan jajaran KBRI Washington DC, PTRI New York, KJRI New York, KJRI Chicago, KJRI Houston, KJRI Los Angeles dan KJRI San Francisco. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.