Dark/Light Mode

China: Aukus, NATO Versi Asia Pasifik

Rabu, 6 April 2022 22:48 WIB
Zhao Lijian. (Foto AP/Andy Wong)
Zhao Lijian. (Foto AP/Andy Wong)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Selasa (5/4), pernyataan Aukus yang ditandatangani Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, PM Inggris Boris Johnson, dan Presiden AS Joe Biden mengumumkan akan melakukan “kerja sama trilateral baru” dalam pengembangan rudal hipersonik dan inovasi pertahanan lain. 

Terkait program senjata hipersonik, AS dan Australia sebenarnya telah memiliki program bersama yang dinamai SCIFiRE, atau Southern Cross Integrated Flight Research Experiment. Meski tidak bergabung dalam program itu, pihak Inggris memastikan bahwa ketiga negara akan bekerja sama dalam penelitian dan pengembangan di wilayah tersebut untuk memperluas program mereka.

Baca juga : Wika Salim, Putus Dengan Perwira Polisi

AS saat ini telah berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan rudal hipersonik karena invasi Rusia ke Ukraina pada Februari telah meningkatkan kekhawatiran tentang keamanan Eropa.

Dalam pernyataan bersamanya pula, para pemimpin Aukus menyebut invasi Rusia ke Ukraina sebagai alasan bagi mereka untuk menegaskan kembali komitmen teguh kami terhadap sistem internasional. Mereka juga menegaskan kembali komitmennya untuk mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga : Kementan Dukung Polres Nganjuk Tindak Tegas Mafia Pupuk Subsidi

Mereka juga mengatakan senang dengan kemajuan program kapal selam bertenaga nuklir yang dipersenjatai secara konvensional untuk Australia.

Aliansi Aukus dibentuk sejak September 2021. Sejumlah pengamat menduga, blok ini dibentuk demi menyaingi pengaruh militer China yang menguat di kawasan Indo Pasifik. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.