Dark/Light Mode

China: Aukus, NATO Versi Asia Pasifik

Rabu, 6 April 2022 22:48 WIB
Zhao Lijian. (Foto AP/Andy Wong)
Zhao Lijian. (Foto AP/Andy Wong)

RM.id  Rakyat Merdeka - China menuding aliansi keamanan Aukus yang terjalin antara Australia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat (AS) bertujuan membentuk NATO versi Asia Pasifik (Indo Pasifik). Setelah memulai program kapal selam bertenaga nuklir yang dipersenjatai secara konvensional untuk Australia, mereka akan membuat senjata hipersonik.

Demikian disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, Rabu (6/4). Pernyataan itu disampaikan Zhao usai Aukus mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama mengembangkan persenjataan hipersonik.

Baca juga : Wika Salim, Putus Dengan Perwira Polisi

Zhao menyebut kerja sama Aukus hanya akan memperganas proliferasi nuklir dan mendestabilisasi upaya non-proliferasi global. Zhao juga menyebut, keberadaan Aukus akan memicu memanasnya persaingan senjata di kawasan Indo Pasifik.

"Kerja sama Aukus adalah komplotan Anglo-Saxon yang tidak bisa mengubah pemikiran ala Perang Dingin dan blok politik,” kata Zhao di Beijing sebagaimana dikutip Associated Press.

Baca juga : Kementan Dukung Polres Nganjuk Tindak Tegas Mafia Pupuk Subsidi

“Tujuan akhir mereka adalah membuat NATO versi Asia Pasifik dan melayani hegemoni AS. Negara-negara Asia-Pasifik tentu saja menentang upaya ini,” imbuhnya.

Zhao pun meminta agar Australia, Inggris Raya, dan AS meninggalkan mentalitas Perang Dingin dan zero-sum game dalam pendekatan ke kawasan Indo Pasifik.

Baca juga : Cak Imin Ajak Santri Tak Antipati Kepada Politik

“Kami menyarankan AS, Inggris Raya, dan Australia menerima aspirasi negara-negara Asia-Pasifik demi perdamaian dan pembangunan, mempromosikan kerja sama dan win-win solution,” pungkas Zhao.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.