Dark/Light Mode

Meneropong Lebih Dekat Keluarga Putin, Siapa Anaknya Yang Kena Sanksi AS?

Kamis, 7 April 2022 09:12 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin saat plesiran bareng keluarga pada tahun 2002. (Foto: Alamy via BBC)
Presiden Rusia Vladimir Putin saat plesiran bareng keluarga pada tahun 2002. (Foto: Alamy via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal selalu berhati-hati, bila ditanya soal keluarga.

Pada tahun 2015, dalam salah satu konferensi pers maraton, Putin terkesan menghindar saat ditanya soal identitas anak-anaknya, yang semuanya perempuan.

"Anak-anak saya tinggal di Rusia. Mereka hanya mengenyam bangku pendidikan di Rusia. Mereka lancar berkomunikasi dengan tiga bahasa asing. Saya sangat bangga terhadap mereka," ungkap pria kelahiran Leningrad, 7 Oktober 1952.

"Saya tak pernah membahas soal keluarga dengan siapa pun. Setiap orang memiliki hak atas nasibnya. Mereka menjalani hidup mereka sendiri, dan melakukannya dengan bermartabat," imbuhnya.

Baca juga : Sandra Dewi Ajarkan Anaknya Jaga Kesehatan Gigi

Meski tak pernah menyebut nama anak-anaknya, orang akhirnya tahu nama anak-anak Putin. Putaran terakhir sanksi AS telah menargetkan Maria Vladimirovna Vorontsova dan Katerina Vladimirovna Tikhonova, sebagai dua anak Putin yang dinilai memiliki kendali atas aset ayahnya, yang merupakan orang nomor satu di Rusia.

"Kami percaya, banyak aset Putin disembunyikan dengan anggota keluarga. Itu sebabnya kami menargetkan mereka," kata seorang pejabat senior AS, seperti dikutip BBC, Rabu (6/4).

Meski potret keluarga Putin hanya sedikit terekam publik, laporan media dan dokumen pendukung lainnya telah cukup memberikan gambaran.

Putin diketahui menikah dengan Lyudmila, pada tahun 1983. Ketika itu, Putin menjabat staf Badan Intelijen Rusia (KGB). Sementara Lyudmila, pramugari.

Baca juga : Simak, Daftar Kelompok Anak/Remaja Yang Rentan Kena Long Covid

Dari pernikahan yang bertahan 30 tahun, Putin dikaruniai dua putri: Maria Vladimirovna Vorontsova dan Katerina Vladimirovna Tikhonova. Keduanya hanya terpaut usia satu tahun. Vorontsova saat ini berumur 36, Tikhonova 35.

Di ujung kisah pernikahannya dengan Lyudmila, Putin menegaskan, perceraian adalah hasil keputusan bersama. "Kami jarang bertemu. Masing-masing punya kehidupan sendiri," ujar Putin. 

Sementara Lyudmila, menilai Putin benar-benar tenggelam dalam pekerjaan. 

Maria Vorontsova yang lahir pada tahun 1985 tercatat sebagai alumnus Jurusan Biologi St. Petersburg University dan Ilmu Kedokteran Moscow State University. 

Baca juga : Cegah Pekerja Migran Ilegal, Siapkan Banyak Lapangan Kerja

Saat ini, Vorontsova adalah seorang akademisi yang mengambil spesialisasi di bidang endokrin. Dia ikut menulis buku tentang pertumbuhan terhambat pada anak-anak, dan terdaftar sebagai peneliti di Pusat Penelitian Endokrinologi Moskow.

Selain dikenal sebagai akademisi, Vorontsova juga seorang pengusaha. BBC Rusia mengidentifikasi putri pertama Putin sebagai salah satu pemilik perusahaan yang berencana membangun pusat medis besar-besaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.