Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bursa Calon Kepala Ibu Kota Negara

PDIP Maunya Ahok, Ada Yang Menolak?

Jumat, 28 Januari 2022 08:33 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram/basukibtp).
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Instagram/basukibtp).

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok mulai bersinar lagi dalam bursa calon Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bersinarnya Ahok karena dijagokan oleh PDIP, partai pemenang pemilu dan penyokong utama koalisi pemerintah. Kalau PDIP yang dukung, Pak Jokowi dan yang lainnya apa bisa nolak?

Ahok memang masuk dalam 4 bakal calon Kepala Otorita IKN yang disebutkan langsung Presiden Jokowi, tahun lalu. Namun, belakangan ini, peluang Ahok meredup, ketika Jokowi memberi bocoran bahwa Kepala IKN yang baru haruslah kepala daerah berlatar belakang arsitek.

Baca juga : Berikan Keringanan Izin Usaha, PUPR Manjakan Gapensi

Meskipun sekarang kader PDIP dan punya kedekatan dengan Jokowi, Ahok bukanlah kepala daerah yang berlatar belakang arsitek. Justri di internal Banteng, Tri Rismaharini yang memiliki persyarakat untuk jadi Kepala IKN. Selain pernah 2 periode menjadi Wali Kota Surabaya, Menteri Sosial ini juga berlatar belakang arsitek.

Namun, peluang Risma menjadi Kepala IKN justru ditutup langsung oleh PDIP. Ternyata, PDIP memilih menjagokan Ahok untuk menjadi Kepala IKN. Hal ini diungkapkan langsung Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, kemarin.

Baca juga : Anies: Kalau Belum Masuk Waktunya, Adzan Jangan Dibunyikan

“Memang itu hak presiden. Tapi kami mengajukan rekomendasi sebagai pertimbangan pemerintah termasuk Bapak Basuki sebagai calon kepala otorita IKN,” kata Hasto, di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Kenapa Ahok? Menurut Hasto, PDIP punya harapan besar untuk berhasilnya proyek IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dapat selesai sesuai target. Sehingga, diperlukan pimpin yang nantinya punya kriteria visioner, komprehensif, dan pandangan soal sistem tata kota. Sehingga mampu menjadikan Kalimantan sebagai koridor strategis kepemimpinan Indonesia, sebagaimana pernah dicita-citakan oleh Bung Karno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.