Dark/Light Mode

Korut Bongkar Hotel Lambang Perdamaian Dengan Korsel

Jumat, 8 April 2022 20:48 WIB
Pemimpin Korut Kim Jong-un (tengah) mengunjungi resor Gunung Kumgang, Jumat, 8 April 2022. (Foto Korean Central News Agency/Korea News Service Via AP)
Pemimpin Korut Kim Jong-un (tengah) mengunjungi resor Gunung Kumgang, Jumat, 8 April 2022. (Foto Korean Central News Agency/Korea News Service Via AP)

 Sebelumnya 
Gambar satelit komersial menunjukkan, pekerjaan pembongkaran telah berlangsung selama berminggu-minggu. Pembongkaran itu terjadi di tengah ketegangan yang meningkat atas peluncuran rudal baru-baru ini. Korut melakukan uji coba rudal balistik antarbenua pertamanya sejak 2017 pada 24 Maret lalu.

Baca juga : Ini Progres Timnas U-19 Selama TC Di Korsel

Resor milik Korsel di Gunung Kumgang adalah simbol utama kerja sama kedua Korea. Itu juga jadi sumber pemasukan berharga untuk ekonomi Korut yang hancur. Namun, Korsel menghentikan kerja sama pada 2008 setelah seorang penjaga Korut menembak mati turis Korsel.

Baca juga : Dolar AS Makin Perkasa, Rupiah Nyungsep

Korsel tidak bisa memulai kembali tur massal ke Gunung Kumgang atau kegiatan ekonomi besar antar-Korea  tanpa menentang sanksi, yang telah diperkuat sejak 2016. Meskipun sanksi PBB tidak secara langsung melarang pariwisata, sanksi tersebut melarang transfer tunai dalam jumlah besar yang dapat dihasilkan dari kegiatan bisnis tersebut.

Baca juga : Cari Berkah Bulan Ramadan Ala Blibli

Selama diplomasi singkat mereka pada 2018, Presiden Korsel Moon Jae-in bertemu Kim tiga kali. Dia sempat berjanji untuk memulai kembali wisata di Gunung Kumgang. Dia juga optimis sanksi akan berakhir. Tapi, Korut menangguhkan kerja sama dengan Korsel setelah diplomasi dengan AS runtuh pada 2019.[PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.