Dark/Light Mode

Dulunya Pernah Dikirim Ke Suriah

Gagal Kuasai Kiev, Putin Tunjuk Komandan Perang Baru Di Ukraina

Minggu, 10 April 2022 12:25 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bersama komandan perang baru di Ukraina, Jenderal Angkatan Darat Alexander Dvornikov. (Foto: Alexei Nikolsky/Sputnik/Kremlin Pool/AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bersama komandan perang baru di Ukraina, Jenderal Angkatan Darat Alexander Dvornikov. (Foto: Alexei Nikolsky/Sputnik/Kremlin Pool/AP)

 Sebelumnya 
Kepada Sky News, mantan Duta Besar Inggris untuk Rusia Roderic Lyne mengatakan, Moskow telah menunjuk seorang jenderal baru dengan rekam jejak yang cukup biadab di Suriah.

Menurutnya, langkah tersebut diputuskan Rusia untuk memastikan kemenangan di beberapa wilayah Donetsk.

Baca juga : Petrokimia Ke Grand Final, Usai Bank bjb Tundukkan Pertamina

"Menugaskan komandan keseluruhan baru untuk perang Rusia di Ukraina, sepertinya merupakan upaya untuk menciptakan strategi yang lebih kohesif," cetus Lyne, Sabtu (9/4).

Sebagaimana dilansir CNN International, dua pejabat pertahanan AS melaporkan, Rusia tidak memiliki komandan teater-lebar untuk operasi Ukraina.

Baca juga : Wapres Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Lebaran Aman

Ini berarti, unit dari berbagai distrik militer Rusia telah beroperasi tanpa koordinasi. Kadang-kadang, dengan tujuan yang bersilangan.

Penunjukkan jenderal baru untuk pasukan Rusia yang telah beroperasi di wilayah selatan Ukraina, sebelumnya juga telah diperkirakan AS. Karena di wilayah tersebut, Rusia telah mengambil dan menguasai lebih banyak wilayah. Sebagai kompensasi atas gagalnya upaya Rusia untuk mengepung Kiev dan kota-kota di Ukraina utara.

Baca juga : Berkas Perkara Dilimpahkan, Bupati Kuansing Andi Putra Segera Diadili

Jumat (8/4) lalu, Otoritas Ukraina mengatakan, Rusia telah menyelesaikan penarikan mereka dari wilayah Sumy utara Ukraina. Sambil terus membangun kekuatan di kawasan timur negara tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.