Dark/Light Mode

Menlu Kanada: Undang Ukraina Ke G20

Selasa, 12 April 2022 14:34 WIB
Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly (kiri) bersama Dr Dino Patti Djalal, Pendiri dan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Senin (11/4/2022).
Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly (kiri) bersama Dr Dino Patti Djalal, Pendiri dan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Senin (11/4/2022).

 Sebelumnya 
Perempuan yang juga pernah menjadi Menteri Pariwisata, Bahasa Resmi dan La Francophonie (2018–2019) ini menyatakan, invasi Rusia ke Ukraina telah membajak agenda-agenda penting, yang akan disampaikan Indonesia dalam KTT G20 2022.

"Sebelumnya saya bersama (Menlu) Retno telah membahas masalah ini, dalam mencari cara, bagaimana masalah ini bisa ditangani dengan baik," ungkapnya, yang menilai agenda Rusia-Ukraina sebaiknya turut dibahas dalam KTT G20 nanti.

Baca juga : Bertemu Presiden Jokowi, Menlu Kanada Tegaskan Siap Dukung Presidensi G20 Indonesia

Mengenai ketegangan Rusia-Ukraina saat ini, Joly menekankan, sikap Kanada tidak berubah. Kanada terus memberikan tekanan maksimal kepada Rusia. Sikap ini terus disuarakan kepada semua negara mitra, termasuk Indonesia. "Kami tidak bisa melakukan business as usual dengan Rusia. Perang ini harus diakhiri dulu," tegasnya, di kantor FPCI.

FPCI adalah organisasi politik luar negeri non partisan, non politik dan independen, yang didirikan untuk membahas dan memperkenalkan isu-isu hubungan internasional kepada banyak pihak terkait di Indonesia, seperti diplomat, duta besar, pejabat pemerintah, akademisi, peneliti, bisnis, media, dosen, think tank, mahasiswa dan media.

Baca juga : Menlu Kanada Melanie Joly Kunjungi Indonesia Dan Vietnam Pekan Ini

Didirikan pada 2014 oleh Dino Patti Djalal (Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat periode Agustus 2010 hingga 17 September 2013 dan Wakil Menteri Luar Negeri hingga Juli hingga Oktober 2014), juga dikutip dari laman resminya, FPCI dibentuk untuk mengembangkan internasionalisme Indonesia, agar lebih mengakar di seluruh nusantara dan memproyeksikan dirinya ke seluruh dunia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.