Dark/Light Mode

Mantap, Ikan Indonesia Tarik Peminat Seafood Show Osaka

Kamis, 14 April 2022 15:01 WIB
Konjen RI di Osaka Diana Sutikno (tengah), Kepala ITPC Osaka Dicky Farabi, Atase Perdagangan Arief Wibisono (kiri), acting GM BNI Tokyo, Dyah Paramita (kanan), dan Presiden Japan Fisheries Association, Toshiro Shirasu. dalam meresmikan Paviliun Indonesia, pada Rabu (13/4). (Foto KJRI Osaka)
Konjen RI di Osaka Diana Sutikno (tengah), Kepala ITPC Osaka Dicky Farabi, Atase Perdagangan Arief Wibisono (kiri), acting GM BNI Tokyo, Dyah Paramita (kanan), dan Presiden Japan Fisheries Association, Toshiro Shirasu. dalam meresmikan Paviliun Indonesia, pada Rabu (13/4). (Foto KJRI Osaka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia memamerkan produk unggulan perikanan di Seafood Show Osaka 2022, Jepang. Negeri Merah Putih itu bahkan menjadi satu-satunya partisipan asing di acara yang digelar di 13-14 April ini.

Seafood Show Osaka merupakan pameran produk perikanan terbesar di wilayah Kansai. Acara melibatkan sekitar 400 importir maupun retailer yang berdomisili di Jepang.

“Kehadiran beragam produk perikanan Indonesia dari sembilan pelaku usaha di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua pada Seafood Show Osaka mampu menarik minat para pengunjung, termasuk sejumlah pengusaha retail produk perikanan besar di Kansai,” kata Konsul Jenderal Republik Indonesia atau Konjen RI di Osaka Diana Sutikno, saat meresmikan Paviliun Indonesia, Rabu (13/4).

Paviliun Indonesia dalam Seafood Show Osaka, dipadati pengunjung. Foto KJRI Osaka)

Diana menambahkan, partisipasi dalam Seafood Show Osaka ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pangsa pasar produk perikanan Indonesia di Jepang khususnya di Jepang Barat (Kansai).

“Partisipasi Indonesia ini kiranya dapat terus ditingkatkan guna mengantisipasi upaya Pemerintah Jepang dan Prefektur yang sedang mempersiapkan diri, khususnya wilayah Kansai, sebagai destinasi halal dan ramah Muslim menjelang pelaksanaan Osaka World Expo 2025,” terang Diana dalam keterangan pers KJRI Osaka.

Baca juga : Martial, Ditinggal Istri Karena Selingkuh

Dalam peresmian itu, Diana didampingi Kepala ITPC, Osaka Dicky Farabi, Atase Perdagangan, Arief Wibisono, acting GM BNI Tokyo, Dyah Paramita, dan Presiden Japan Fisheries Association, Toshiro Shirasu.

Paviliun Indonesia menempati lahat seluas 24 meter persegi. (Foto KJRI Osaka)

Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 24 meter persegi atau meningkat 6 kali lipat dari pelaksanaan pada pameran Seafood Show tahun-tahun sebelumnya. Pameran ini juga menjadi pameran pertama yang diselenggarakan di masa pandemi dengan kehadiran peserta dari Indonesia.

Sembilan perusahaan Tanah Air yang menempati paviliun Indonesia adalah PT Sriwijaya Karya Sejahtera, PT Edmar Mandiri Jaya, PT Bartuh Langgeng Abadi, PT Bali Maya Permai, PT Adipatria Samudra Lestari, PT Jawa Suisan Indah, CV. Anugerah Artha Abadi, CV Giovanni Sukses Makmur, dan Pramesti Malima Energi Fokus Sejahtera.

Pengujung Paviliun Indonesia mendapatkan penjelasan mengenai produk perikanan Indonesia. (KJRI Osaka)

Paviliun Indonesia mengunggulkan produk-produk perikanan antara lain udang black tiger asal Papua, belut kabayaki asal Sukabumi, octopus dan yellowfin tuna dari Surabaya, ikan teri nasi atau anchovy dari Jepara, udang vanname dari Kalimantan, ikan olahan dari Bali, serta berbagai jenis produk perikanan. 

Sementara itu, Toshiro Shirasu mengapresiasi keragaman produk perikanan Indonesia yang ditampilkan dalam pameran ini. “Kami berharap para peserta bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam keikutsertaannya di event ini. Panitia juga telah mempromosikan paviliun Indonesia dalam website sehingga akan lebih banyak pembeli yang tertarik berbisnis dengan pelaku usaha Indonesia,” ujar Shirasu.

Baca juga : Forum Ulama Indonesia-Rekat Indonesia Harap Aksi BEM SI Berjalan Damai

Ekspor Yellowfin Tuna

Pada kesempatan terpisah, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara pemasok hasil kelautan dan perikanan (HS 03 Fish and crustaceans, Molluscs and other aquatic inverterbrates) ke-11 bagi Jepang.

Indonesia memiliki pangsa pasar sebesar 4% di Jepang. Total nilai transaksi ekspornya pada 2021 tercatat sebesar 433,8 juta dolar AS atau meningkat 3,19 persen dibanding nilai transaksi 2020.

"Jepang merupakan negara tujuan utama ekspor yellowfin tuna segar dan dingin asal Indonesia," kata Dirjen Didi seraya menambahkan, sejak 2018, kontribusi ekspor ke Jepang selalu di atas 80% persen dari total ekspor Indonesia ke seluruh negara.

Peningkatan pangsa pasar yellowfin tuna segar dan dingin asal Indonesia di Jepang terus ditingkatkan melalui inovasi produk. Salah satu inovasi itu adalah dengan dengan memperkenalkan yellowfin tuna kiriotoshi/cut off yang hadir dalam Paviliun Indonesia.

Baca juga : Tim Pelatnas Tinju Indonesia Raih 4 Perunggu Di Phuket

Melalui keikutsertaan dalam pameran ini, KJRI dan ITPC Osaka serta Atase Perdagangan (Atdag) KBRI Tokyo melakukan sosialisasi pelaksanaan Trade Expo Indonesia 2022. Rencananya acara akan digelar secara offline pada 19-23 Oktober 2022 di ICE BSD City. Sedangkan acara virtual digelar pada 19-29 Desember 2022.

Pameran ini juga menjadi tindaklanjut dari pelaksanaan Foodex Tokyo 2022 dan menjadi rangkaian promosi yang dilakukan Perwakilan Dagang RI di Jepang (Atdag dan ITPC) khususnya untuk produk makanan minuman termasuk produk perikanan Indonesia. 

CV. Anugerah Artha Abadi, sebagai peserta program Export Coaching Program (ECP) Kementerian Perdagangan, juga turut menampilkan produk surimi dari ikan toyori asal Jawa Timur.

Jepang merupakan salah satu negara yang mengkonsumsi produk perikanan terbesar di dunia. Total nilai impor produk perikanan Jepang dari seluruh dunia lebih dari 9,9 miliar dolar AS. Oleh karena itu, partisipasi Indonesia dalam pameran ini menjadi langkah tepat untuk meningkatkan volume ekspor produk perikanan Indonesia ke Jepang.

Partisipasi Indonesia pada ajang ini terselenggara berkat kerja sama Kementerian Kementerian Luar Negeri (melalui KJRI Osaka, KBRI Tokyo, dan ITPC Osaka) dengan Kementerian Perdagangan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.