Dewan Pers

Dark/Light Mode

KKP Dorong Keberlanjutan Kerja Sama Perikanan RI-Jepang

Jumat, 22 April 2022 20:08 WIB
Dubes Kenji Kanasugi (tengah) ‎mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera di Jakarta, Kamis, 20 April 2022. (Foto RM/Kedutaan Besar Jepang)
Dubes Kenji Kanasugi (tengah) ‎mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera di Jakarta, Kamis, 20 April 2022. (Foto RM/Kedutaan Besar Jepang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta, di Jakarta Utara, Kamis (20/4).

Dalam kunjungan kali ini, Dubes Kanasugi mendapat sambutan hangat Direktur ‎Pengelolaan Sumber Daya Ikan (Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perikanan ‎Tangkap) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ridwan Mulyana, Direktur Pelabuhan ‎Perikanan, Tri Aris Wibowo, dan Kepala PPS Nizam Zachman, Oktori Sutrisno. ‎

Berita Terkait : RKIH Dukung QA Pembangunan Kampung Perikanan Budidaya KKP Melalui BKIPM

Pada pertemuan itu, Ridwan menjelaskan mengenai pelabuhan perikanan. "Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong kerja sama Indonesia dan Jepang terus berlanjut. Salah satunya kegiatan pembangunan pelabuhan perikanan sebagai garda terdepan implementasi kebijakan penangkapan ikan terukur," kata Ridwan.

Ridwan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam mendukung pembangunan pelabuhan perikanan di Indonesia melalui skema pembiayaan soft loan. Khususnya di PPS Nizam Zachman yang terakhir direhabilitasi pada 2012.

Berita Terkait : BTS Ikut Dorong Pengembangan Layanan Bus Rapid Transit

“Seiring dengan perjalanannya, kini permasalahan baru dihadapi PPS Nizam Zachman Jakarta seperti penurunan permukaan tanah 10-12 cm per tahun, banjir rob serta terbatasnya daya tampung kolam pelabuhan dan dermaga untuk bongkar maupun tambat labuh. Yang mana pada saat-saat tertentu seperti Hari Raya mencapai 800 unit kapal yang berlabuh,” ungkapnya.

“Semoga kerja sama yang terjalin erat ini dapat terus berlanjut untuk dapat menata kembali kawasan PPS Nizam Zachman Jakarta sebagai pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia dan menjadi pusat kegiatan ekonomi di bidang perikanan tangkap dan menjadi pusat industri perikanan berorientasi ekspor dan domestik yang berwawasan lingkungan,” beber Ridwan.
 Selanjutnya