Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KKP Dorong Keberlanjutan Kerja Sama Perikanan RI-Jepang

Jumat, 22 April 2022 20:08 WIB
Dubes Kenji Kanasugi (tengah) ‎mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera di Jakarta, Kamis, 20 April 2022. (Foto RM/Kedutaan Besar Jepang)
Dubes Kenji Kanasugi (tengah) ‎mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera di Jakarta, Kamis, 20 April 2022. (Foto RM/Kedutaan Besar Jepang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta, di Jakarta Utara, Kamis (20/4).

Dalam kunjungan kali ini, Dubes Kanasugi mendapat sambutan hangat Direktur ‎Pengelolaan Sumber Daya Ikan (Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perikanan ‎Tangkap) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ridwan Mulyana, Direktur Pelabuhan ‎Perikanan, Tri Aris Wibowo, dan Kepala PPS Nizam Zachman, Oktori Sutrisno. ‎

Baca juga : Diaspora, Ujung Tombak Perdagangan Indonesia-Jepang

Pada pertemuan itu, Ridwan menjelaskan mengenai pelabuhan perikanan. "Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong kerja sama Indonesia dan Jepang terus berlanjut. Salah satunya kegiatan pembangunan pelabuhan perikanan sebagai garda terdepan implementasi kebijakan penangkapan ikan terukur," kata Ridwan.

Ridwan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam mendukung pembangunan pelabuhan perikanan di Indonesia melalui skema pembiayaan soft loan. Khususnya di PPS Nizam Zachman yang terakhir direhabilitasi pada 2012.

Baca juga : RKIH Dukung QA Pembangunan Kampung Perikanan Budidaya KKP Melalui BKIPM

“Seiring dengan perjalanannya, kini permasalahan baru dihadapi PPS Nizam Zachman Jakarta seperti penurunan permukaan tanah 10-12 cm per tahun, banjir rob serta terbatasnya daya tampung kolam pelabuhan dan dermaga untuk bongkar maupun tambat labuh. Yang mana pada saat-saat tertentu seperti Hari Raya mencapai 800 unit kapal yang berlabuh,” ungkapnya.

“Semoga kerja sama yang terjalin erat ini dapat terus berlanjut untuk dapat menata kembali kawasan PPS Nizam Zachman Jakarta sebagai pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia dan menjadi pusat kegiatan ekonomi di bidang perikanan tangkap dan menjadi pusat industri perikanan berorientasi ekspor dan domestik yang berwawasan lingkungan,” beber Ridwan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.