Dark/Light Mode

KKP Dorong Keberlanjutan Kerja Sama Perikanan RI-Jepang

Jumat, 22 April 2022 20:08 WIB
Dubes Kenji Kanasugi (tengah) ‎mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera di Jakarta, Kamis, 20 April 2022. (Foto RM/Kedutaan Besar Jepang)
Dubes Kenji Kanasugi (tengah) ‎mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera di Jakarta, Kamis, 20 April 2022. (Foto RM/Kedutaan Besar Jepang)

 Sebelumnya 
Jumlah industri perikanan yang ada di PPS Nizam Zachman Jakarta sekitar 114 perusahaan, 70 di antaranya adalah cold storage.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Kanasugi mengatakan kesiapan negaranya untuk mendukung kegiatan prioritas KKP. Salah satunya pembangunan pelabuhan perikanan yang lebih baik sebagai pusat pendaratan ikan.

Baca juga : Diaspora, Ujung Tombak Perdagangan Indonesia-Jepang

"Jepang akan ‎terus bekerja sama dengan Indonesia di bidang kemaritiman dan perikanan," kata Kanasugi.

Melalui JICA, dukungan Pemerintah Jepang yang akan dilakukan yaitu  proyek Integrated of Fishing Ports and International Fish Markets (IFP-IFM). 

Baca juga : RKIH Dukung QA Pembangunan Kampung Perikanan Budidaya KKP Melalui BKIPM

Pelabuhan Perikanan Samudera adalah pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia dan ‎dibangun pada 1984 dengan memanfaatkan pinjaman yen dari Jepang. Pelabuhan ‎tersebut merupakan salah satu proyek simbolis ODA (Official Development Assistance).

‎Setelah dibangun, pelabuhan tersebut telah berkali-kali diperbaiki dengan pinjaman ‎yen dari Jepang sampai 2012. Sekitar 200.000 ton hasil perikanan dijual ‎setiap tahun di pelabuhan perikanan tersebut. Serta lebih dari 300 perusahaan ‎berkegiatan dan melibatkan kurang lebih 50.000 orang pekerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.