Dark/Light Mode

Turis Full Vaccinated Tak Perlu Tes Covid Lagi

Mulai 1 Mei, Malaysia Tak Wajibkan Pemakaian Masker Outdoor

Kamis, 28 April 2022 09:16 WIB
Menkes Malaysia Khairy Jamaluddin (Foto: Astro Awani)
Menkes Malaysia Khairy Jamaluddin (Foto: Astro Awani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai 1 Mei mendatang, Malaysia akan melakukan lebih banyak pelonggaran kebijakan terkait pembatasan Covid-19. Antara lain, penghapusan kewajiban memakai masker saat berada di luar ruangan. Selain itu, turis yang sudah divaksin penuh, juga tak perlu menjalani tes Covid lagi. 

Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin, dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/4).

"Penggunaan masker masih diperlukan di dalam ruangan, termasuk di pusat perbelanjaan dan di transportasi umum. Penggunaan masker di luar ruangan adalah opsional, tetapi tetap dianjurkan,” kata Khairy seperti dilansir Channel News Asia.

"Di luar ruangan, di tempat-tempat ramai seperti di pasar Ramadhan, stadion dan pasar malam, pemakaian masker sangat disarankan," imbuhnya.

Baca juga : Jangan Lupa Pakai Masker Medis

Bagi turis yang telah divaksin penuh, semua protokol pengujian - baik tes pra keberangkatan dan kedatangan - telah ditiadakan. 

Aturan yang sama juga diterapkan bagi mereka yang telah pulih dari infeksi Covid, 6-60 hari sebelum tanggal keberangkatan. Serta pelancong berusia 12 tahun ke bawah.

"Namun, mereka yang belum sepenuhnya divaksinasi COVID-19 tetap harus menjalani tes ini, dan menjalani karantina wajib lima hari," jelas Khairy.

Kabar baik lainnya, asuransi perjalanan kini tidak lagi menjadi prasyarat bagi turis asing.

Baca juga : Malaysia Tak Wajibkan Karantina Dan Tes Suhu

Tak Perlu Check In Via MySejahtera

Khairy juga mengatakan, check-in melalui aplikasi pelacakan kontak MySejahtera, kini tidak akan lagi diperlukan. Orang-orang yang tidak divaksinasi penuh, juga akan diizinkan memasuki lokasi.

Namun, mereka yang positif Covid dabn mendapat perintah isolasi mandiri di rumah, tidak diperkenankan mengakses ruang publik.

Tapi, itu tak berarti aplikasi MySejahtera sudah tidak dibutuhkan lagi. “Saya mendorong semua pihak mengaktifkan fungsi MySJ Trace, untuk tujuan contact tracing,” ujarnya.

Baca juga : Bangun DKI Nusantara Pake Dana Pemulihan Ekonomi

Aplikasi tersebut juga masih digunakan untuk tujuan pelaporan hasil tes Covid dan penilaian kesehatan masyarakat saat menjalani isolasi.

Isolasi pasien Covid juga dipercepat menjadi empat hari. Asalkan hasil tes RTK-Ag yang diawasi secara profesional, memberikan hasil negatif.

Aturan saat ini mengamanatkan isolasi tujuh hari untuk kasus positif.

Malaysia sepenuhnya membuka perbatasannya pada 1 April lalu. Dua tahun setelah membatasi akses keluar masuk karena pandemi Covid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.