Dark/Light Mode

Kanselir Jerman Ogah Hadiri Undangan Zelensky, Kenapa?

Jumat, 6 Mei 2022 16:29 WIB
Kanselir Jerman Olaf Scholz (Foto AP/Hannibal Hanschke)
Kanselir Jerman Olaf Scholz (Foto AP/Hannibal Hanschke)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kanselir Jerman Olaf Scholz enggan mengunjungi Kiev meski diundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Undangan itu disampaikan tiga pekan setelah Kiev menolak kedatangan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Undangan dari Zelensky itu juga ditujukan untuk Steinmeier. Dilansir AFP, Jumat (6/5), sumber dari Kantor Kepresidenan Jerman menyebut, Zelensky menyampaikan undangan saat menelepon Steinmeier.

Baca juga : Jaga Kesehatan, Jaga Hati Jangan Gampang Emosi

"Selama pembicaraan, kejengkelan sudah nggak ada dan Steinmeier menyatakan solidaritas, rasa hormat dan dukungan untuk Ukraina," kata sumber itu. 

Scholz, yang berbicara Kamis malam pada konferensi pers, menyebut, telepon itu sebagai hal yang baik bahwa kedua presiden telah berbicara satu sama lain.

Baca juga : Ramadan Jadi Terapi Untuk Hancurkan Virus Kebencian

Dia kemudian ditanya apakah dia menerima undangan Zelensky. "Hasil dari pembicaraan (dengan Presiden Jerman) adalah bahwa Menteri Luar Negeri Jerman akan segera berada di Ukraina," ucap Scholz.

Hubungan Jerman dan Ukraina tidak begitu baik sejak Steinmeier mengakui bulan lalu, dia telah menawarkan untuk berkunjung tetapi tidak diinginkan di Kiev. Scholz menyuarakan kejengkelan atas penolakan itu. Ia juga menyebut penolakan terhadap Steinmeier menghalangi dirinya untuk mengunjungi Kiev.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.