Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Biden Gelar Pertemuan Tatap Muka Pertama Dengan Menlu Dan Menhan Ukraina

Sabtu, 26 Maret 2022 19:45 WIB
Pertemuan antara Presiden AS Joe Biden (kanan) dan menteri Ukraina di Warsawa, Polandia, Sabtu (26/3). (Foto: AFP via Straits Times)
Pertemuan antara Presiden AS Joe Biden (kanan) dan menteri Ukraina di Warsawa, Polandia, Sabtu (26/3). (Foto: AFP via Straits Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden AS Joe Biden bertemu dengan dua menteri Ukraina, yakni Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba dan Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov di Warsawa, Polandia, Sabtu (26/3).

Ini adalah pertemuan tatap muka pertama antara Presiden AS dan menteri utama Ukraina, sejak Rusia mengawali invasi ke negara yang dipimpin Volodymyr Zelensky pada 24 Februari lalu.

Perjalanan langka ke luar negeri Kuleba dan Reznikov, juga dapat dimaknai sebagai tumbuhnya rasa percaya diri Ukraina, dalam melawan pasukan Rusia.

Pertemuan itu digelar di Hotel Marriott, yang berada di pusat kota. Letaknya berseberangan dengan Stasiun Kereta Warsawa, salah satu tempat yang banyak dihuni pengungsi Ukraina, sejak konflik dimulai.

Baca juga : Puan: Mungkin Saja

AFP menyebut, Biden terlihat duduk di meja panjang berwarna putih, diapit Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. Berhadapan dengan Kuleba dan Reznikov. Ada bendera Ukraina dan AS di latar belakang.

Terakhir, Biden bertemu Kuleba di Washington pada 22 Februari, dua hari sebelum Rusia memulai serangannya. Setelahnya, Kuleba juga bertemu dengan Blinken di wilayah perbatasan Polandia-Ukraina pada 5 Maret.

Ini adalah hari kedua sekaligus hari terakhir Biden di Polandia, setelah dia bertemu dengan para pemimpin Uni Eropa dan NATO di Brussel.

Pada Jumat (24/3), Biden bertemu dengan tentara AS yang ditempatkan di Polandia, dekat perbatasan Ukraina dan dengan petugas yang membantu para pengungsi.

Baca juga : Pertemuan G20, Dirjen PPKL Bahas Persoalan Lingkungan Dan Perubahan Iklim

Biden memuji Ukraina yang dinilainya berani pasang badan melawan invasi Rusia, dan membandingkan perlawanan mereka dengan protes pro-demokrasi Lapangan Tiananmen di China pada tahun 1989.

"Ini adalah Lapangan Tiananmen," katanya, seperti dikutip CNN, Sabtu (26/3).

Dia juga menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang. "Saya pikir, kita akan memastikan definisi hukumnya," ucap Biden.

Kepada para tentara, Biden mengatakan, mereka berada di tengah pertarungan antara demokrasi dan otokrat.

Baca juga : Bertemu CEO GEF, Menteri Siti Bahas Lingkungan Dan Hutan Di Bali

"Apa yang Anda lakukan adalah konsekuensial, benar-benar konsekuensial," tandas Biden.

Pada hari ini, Biden juga dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Polandia, mengunjungi tempat penampungan pengungsi, dan menyampaikan pidato utama tentang konflik Rusia-Ukraina. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.