Dark/Light Mode

Hanya Dipilih 0,02 Persen Populasi

John Lee Dikukuhkan Sebagai Kepala Eksekutif Hong Kong

Minggu, 8 Mei 2022 23:45 WIB
John Lee dan istri, Janet Lam Lai-sim dalam perayaan setelah Lee dinobatkan sebagai Kepala Eksekutif Hong Kong, Minggu, pada 8 Mei 2022. (Foto AP/Kin Cheung)
John Lee dan istri, Janet Lam Lai-sim dalam perayaan setelah Lee dinobatkan sebagai Kepala Eksekutif Hong Kong, Minggu, pada 8 Mei 2022. (Foto AP/Kin Cheung)

RM.id  Rakyat Merdeka - John Lee (64) dikukuhkan sebagai pemimpin baru Hong Kong, Minggu (8/5), setelah menang mutlak dalam pemilihan oleh komite kecil loyalis Beijing.

Lee adalah satu-satunya kandidat untuk menggantikan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam yang enggan maju untuk dua periode. Lee adalah mantan perwira polisi pertama yang berhasil meraih puncak jabatan tersebut.

Baca juga : Dikenal Loyal Ke Beijing, John Lee Daftar Jadi Calon Kepala Eksekutif Hong Kong

Pemilihan Kepala Eksekutif Hong Kong digelar secara tertutup dengan melibatkan sekitar hampir 1.500 anggota komite pemilihan. Mayoritas anggota komite tersebut dipilih Pemerintah China.

Lee mengamankan 1.416 dari 1.424 suara sah yang diberikan pada Minggu (8/5). Itu artinya dia berhasil meraih 99,4 persen, angka tertinggi yang pernah dicapai dalam persaingan kepemimpinan Hong Kong.

Baca juga : PKP Ingin Pers Kembali Ke Khittah Sebagai Media Pejuang

Dalam pidato kemenangannya, Lee muncul di panggung bersama istrinya Janet Lam Lai-sim. Dia berjanji akan melayani kota, negara, dan warga Hong Kong di posisi barunya tersebut.

"Kami akan terus menegakkan supremasi hukum, yang merupakan pilar penting dari pemerintahan yang sehat. Kami akan mengatasi tantangan masa depan dengan keyakinan penuh, menjaga kedaulatan negara, keamanan nasional, dan kepentingan pembangunan," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.