Dark/Light Mode

Tinjau Sumber Benih Dan Persemaian Rumpin

Jokowi: Ke Depan, Kita Akan Kembangkan Green Economy

Sabtu, 28 November 2020 07:13 WIB
Presiden Jokowi mengunjungi pusat perbenihan dan persemaiaan di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Jumat (27/11).
Presiden Jokowi mengunjungi pusat perbenihan dan persemaiaan di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Jumat (27/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin. Jokowi berharap tahun depan lokasi pembibitan tersebut siap berproduksi. 

“Ini adalah sebuah lokasi pembibitan yang ingin kita persiapkan. Dari sini akan bisa diproduksi kurang-lebih 16 juta bibit,” ujar Jokowi. 

Bibit-bibit yang diproduksi tersebut akan didistribusikan ke wilayah yang kerap mengalami bencana banjir dan tanah longsor. 

Baca juga : Terawan Banyak Nodanya

Selain fungsi ekologi, Jokowi juga berharap pusat perbenihan tersebut akan menanam tanaman-tanaman yang memiliki fungsi ekonomi. 

“Karena ke depan kita ingin mengembangkan green economy,” kata Jokowi. 

Pusat perbenihan tersebut, nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 159,58 hektare. Itu terdiri atas zona perbenihan, zona kelola masyarakat, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha. 

Baca juga : Dapet Dana Segar Rp 550 M, Waskita Toll Road Kembangkan Ruas Tol Becakayu

Pembangunan di area tersebut akan menjadi permulaan dan percontohan bagi pengembangan serupa yang akan dilakukan di sejumlah lokasi lain, seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara). 

Hal itu belum termasuk pembangunan lokasi pembibitan yang diperuntukkan bagi perbaikan hutan mangrove. 

“Kita sudah merencanakan akan kita kerjakan kurang-lebih 630 ribu hektare mangrove, sehingga itu juga butuh lokasi pembibitan yang juga akan kita siapkan,” kata Jokowi. 

Baca juga : Usai Serahkan Pernyataan Sikap Ke MK, Buruh Bubarkan Diri Dengan Tertib

Di tempat yang sama, Jokowi juga meninjau laboratorium kultur jaringan yang ada di lokasi tersebut serta meninjau kebun pangkas, shading house, dan propagation house. 

Jokowi kemudian meninjau lokasi rencana pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional. 

Sejumlah menteri mendampingi Jokowi yaitu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Hadir juga dan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Hudoyo [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.