Dark/Light Mode

Hasil Resmi Pilpres Filipina Belum Ketuk Palu

Biden-Xi Jinping Buru-buru Ucapin Selamat Ke Bongbong

Jumat, 13 Mei 2022 08:05 WIB
Presiden Filipina terpilih Ferdinand Marcos Jr menyapa pendukungnya di markas pemenangan, di Metro Manila, Filipina. (Foto Reuters/Lisa Marie David)
Presiden Filipina terpilih Ferdinand Marcos Jr menyapa pendukungnya di markas pemenangan, di Metro Manila, Filipina. (Foto Reuters/Lisa Marie David)

 Sebelumnya 
Biden ingin memperluas kerja sama bilateral dalam berba­gai bidang. Termasuk penanga­nan pandemi Covid-­19, krisis iklim, pertumbuhan ekonomi, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping juga berbicara de­ngan Marcos Jr, Rabu (11/5). Pemimpin China itu juga menekankan, kedua negara telah bermitra dalam suka dan duka.

Baca juga : Melaju Ke Putaran Kedua, Marine Le Pen Saingan Sengit Macron

“Saya sangat mementingkan pengembangan hubungan China­ dan Filipina serta membangun hu­bungan kerja yang baik dengan Presiden terpilih Marcos, menjun­jung tinggi hubungan bertetangga dan persahabatan yang baik,” kata Xi, dilansir Aljazeera.

Filipina berada di garis depan ketegangan AS-­China. Sementa­ra beberapa analis mengatakan, kemenangan Marcos Jr meru­pakan pukulan bagi upaya AS untuk melawan China, saingan strategis utamanya di Pasifik.

Baca juga : Pilpres Filipina Kian Dekat, Bongbong Makin Moncer

Dengan penghitungan awal yang hampir selesai, Bongbong unggul telak dari para pesaingnya dengan meraih lebih dari 58 persen suara. Dua kali lipat dari perolehan suara saingannya, Leni robredo.

Pasangan Marcos Jr, Sara Duterte, putri Presiden Rodrigo Duterte, juga menang telak da­lam pemilihan terpisah. Sebagai informasi, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Filipina tidak dilakukan sepaket. Sara berhasil meraup suara di atas 61 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.