Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pilot Sakit, Penumpang AS Daratkan Pesawat

Sabtu, 14 Mei 2022 08:35 WIB
Pesawat Cessna 208 yang berhasil didaratkan penumpangnya. (WPTV via AP)
Pesawat Cessna 208 yang berhasil didaratkan penumpangnya. (WPTV via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejadian heroik ini mirip adegan film. Seorang penumpang yang tidak memiliki pengalaman terbang, berhasil mendaratkan pesawat. Gara-garanya, pilot tiba-tiba sakit saat penerbangan melintasi pantai Atlantik Florida.

Dalam sebuah situs yang memuat transkrip percakapan antara pihak pesawat dengan pengatur lalu lintas udara disebutkan, seorang pria yang diketahui sebagai penumpang melapor pada petugas. Ia menyebut, pilot mengalami sakit serius sehingga tidak bisa mengendalikan pesawat.

Berita Terkait : BI: Stabilitas Sistem Keuangan RI Tetap Terjaga

“Saya menghadapi situasi serius di sini,” kata penumpang pemberani itu di situs web LiveATC.net, dikutip Associated Press, kemarin.

Dalam transkrip itu juga tertulis, bahwa sang penumpang tidak bisa menerbangkan pesawat. Pengontrol lalu lintas udara di Fort Pierce, Florida, Amerika Serikat, lalu menanggapi, dan memastikan pada penumpang itu tahu posisi pesawat bermesin tunggal Cessna 208 itu.

Berita Terkait : Buka Pintu Darurat, Penumpang Nekat Jalan Di Sayap Pesawat

“Saya tidak tahu. Saya bisa melihat pantai Florida di depan saya, dan saya tidak tahu,” jawab penumpang itu.

Menurut data dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA), pesawat itu membawa pilot dan dua penumpang. Pejabat FAA belum mengidentifikasi salah satu dari mereka.
 Selanjutnya