Dewan Pers

Dark/Light Mode

Indonesian Movie Weekends Meriahkan Chinematheque Makedonia Utara

Jumat, 20 Mei 2022 18:22 WIB
Dubes RI Iwan Bogananta (berkacamata dan berbatik) bersama Konsul Kehormatan Indonesia untuk Makedonia Utara, Sesko Kedev sambil menunggu pemutaran film Indonesia di Chinematheque, Makedonia Utara.(Foto KBRI Sofia)
Dubes RI Iwan Bogananta (berkacamata dan berbatik) bersama Konsul Kehormatan Indonesia untuk Makedonia Utara, Sesko Kedev sambil menunggu pemutaran film Indonesia di Chinematheque, Makedonia Utara.(Foto KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta, menyelenggarakan kegiatan Indonesia Movie Weekend bertempat di Cinematheque of Macedonia di Skopje, Ibu Kota Makedonia Utara, Jumat dan Sabtu, 13 dan 14 Mei 2022.

Dalam acara yang dihadiri kalangan pemerintahan, diplomatik, sineas dan pengusaha di Makedonia Utara, Dubes Iwan menyampaikan harapan agar dapat terjalin kerja sama di bidang industri perfilman antara Indonesia dan Makedonia Utara, sekaligus memajukan ekonomi kreatif Indonesia.

Berita Terkait : Maman Yakin Pemain Muda Bisa Bikin Mentereng Macan Kemayoran

Adapun film yang diputar adalah Wonderful Life karya sutradara Agus Makkie pada 13 Mei 2022 dan film Ziarah karya sutradara BW Purwa Negara. Sebelum pemutaran film, ditayangkan juga video Wonderful Indonesia dan Presidensi G20 Indonesia.

"Setelah kegiatan pemutaran film, banyak hadirin jadi lebih mengetahui tentang Indonesia. Ada juga yang baru mengetahui betapa besar dan luasnya wilayah Indonesia itu," keterangan KBRI Sofia.

Berita Terkait : Erick Thohir: Indonesia Harus Jadi Industri Halal Nomor Satu Dunia

Selanjutnya pada Sabtu, 14 Mei 2022 Dubes Iwan memberikan pidato dalan Kuliah Umum (Public Lecture) tentang Music in Indonesian Film. Kuliah umum ini disampaikan Prof Alexsandar Trajakovski Ph.D, Guru Besar di University of Europa Prima di Skopje.

Dalam Kuliah Umum tersebut, Prof Alexsandar memaparkan tentang sejarah peran musik dalam film Indonesia sejak awal abad ke 20 sampai 1954. Perfilman Indonesia memiliki sejarah yang amat panjang dengan tokoh-tokoh besar seperti Usmar Ismail dan Ismail Marzuki. ***