Dark/Light Mode

China: Kedatangan Komisioner HAM PBB Bisa Klarifikasi Soal Uighur

Selasa, 24 Mei 2022 11:08 WIB
Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet di Guangzhou, China, Senin, 23 Mei 2022. (Foto AFP vis NST)
Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet di Guangzhou, China, Senin, 23 Mei 2022. (Foto AFP vis NST)

 Sebelumnya 
Bachelet di China, selain mengunjungi Provinsi Guangdong, China selatan, juga akan ke Daerah Otonomi Uighur, Xinjiang, China barat laut. Bachelet dijadwalkan mengunjungi kota Urumqi dan Kashgar di Xinjiang pada Selasa dan Rabu sebagai bagian dari tur enam hari. 

Baca juga : DPR Undang Komisi Intelijen Majelis Nasional Korsel Hadiri Acara G20

Kedatangan Bachelet ke Xinjiang sudah lama direncanakan terkait dugaan pelanggaran HAM di sana. Seperti kamp re-edukasi, genosida, dan kerja paksa terhadap etnis minoritas Muslim Uighur.

Baca juga : Menhub: Kepadatan Kendaraan Di Merak Mulai Terurai Sore Ini

Beijing membantah tuduhan tersebut dengan dalih bahwa program re-edukasi di kamp vokasi itu sebagai upaya deradikalisasi dan de-ekstremisme karena wilayah baratdaya China yang berbatasan dengan sejumlah negara, seperti India, Pakistan, Afghanistan, dan Tajikistan, tersebut telah beberapa kali terjadi serangan terorisme dari kelompok-kelompok separatis.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.