Dark/Light Mode

China: Kedatangan Komisioner HAM PBB Bisa Klarifikasi Soal Uighur

Selasa, 24 Mei 2022 11:08 WIB
Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet di Guangzhou, China, Senin, 23 Mei 2022. (Foto AFP vis NST)
Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet di Guangzhou, China, Senin, 23 Mei 2022. (Foto AFP vis NST)

 Sebelumnya 
Wang mengatakan, negara-negara besar harus memimpin dalam mempraktikkan multilateralisme, mematuhi tujuan dan prinsip Piagam PBB, menghormati hukum internasional dan menjaga keadilan internasional.

“Lembaga hak asasi manusia multilateral harus menjadi platform untuk kerjasama dan dialog, bukan medan perang baru untuk perpecahan dan konfrontasi. China siap melakukan kerja sama konstruktif dengan Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR) berdasarkan rasa saling menghormati dan menghargai secara seimbang,” katanya.

Baca juga : DPR Undang Komisi Intelijen Majelis Nasional Korsel Hadiri Acara G20

Pada sambutannya, Bachelet mengucapkan selamat kepada China atas pencapaian penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial dan dalam mempromosikan perlindungan hak asasi manusia.

Mantan Presiden Chile itu juga memuji kontribusi China dalam mendukung multilateralisme, pembiayaan pembangunan dan pembangunan berkelanjutan, pengurangan kemiskinan, perubahan iklim dan perlindungan ekologi dan bidang-bidang lain yang penting bagi pembangunan hak asasi manusia.

Baca juga : Menhub: Kepadatan Kendaraan Di Merak Mulai Terurai Sore Ini

"OHCHR sangat mementingkan peran China dan berharap untuk menjadikan kunjungan ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan saling pengertian dan kepercayaan," katanya. 

“Kita harus bersama-sama mengatasi tantangan global dan mempromosikan pengembangan hak asasi manusia internasional,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.