Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Armada Pasifik AS Tegaskan Komitmen Perkuat Kerja Sama Dengan Indonesia

Jumat, 5 Juli 2019 04:20 WIB
Laksamana John C. Aquilino (kiri), Komandan Armada Pasifik Amerika Serikat bertemu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Jakarta, kemarin. (Foto : US Embassy JKT).
Laksamana John C. Aquilino (kiri), Komandan Armada Pasifik Amerika Serikat bertemu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Jakarta, kemarin. (Foto : US Embassy JKT).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komandan Armada Pasifik Amerika Serikat Laksamana John C Aquilino, kemarin mengunjungi Indonesia untuk menegaskan kembali komitmen Angkatan Laut AS terhadap Kemitraan Strategis bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Penegasan komitmen armada Pasifik AS ini juga sebagai hadiah untuk merayakan 70 tahun hubungan dengan Indonesia.

“Indonesia selalu menjadi mitra strategis yang penting selama 70 tahun terakhir, dan penting bagi saya untuk datang ke sini dan bertemu dengan rekan-rekan saya guna mendiskusikan bidang-bidang untuk kelangsungan kerja sama kita,” ujar Aquilino dalam keterangan tertulis Kedubes AS.

Baca juga : Kemenpora Ingin Cetak Teknoprener Muda Indonesia

Aquilino yakin, ikatan persahabatan yang terjalin di antara angkatan laut kedua negara terus menguat melalui program kepemimpinan seperti kunjungan kapal-kapal AL ke Indonesia, diantaranya kunjungan USS Patriot ke Jakarta pekan lalu dan Bali pekan depan, serta latihan militer multilateral seperti latihan maritim bersama ASEAN- AS yang akan datang.

Selama berada di Indonesia, Aquilino bertemu dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr., Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI AL Laksamana Siwi Sukma Adji, Kepala Staf TNI AU Marsekal Yuyu Sutisna, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, serta sejumlah pejabat senior militer, diplomat, dan bidang keamanan Indonesia.

Aquilino juga bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi. Akhir tahun ini Angkatan Laut AS akan ikut serta dalam Latihan Maritim ASEAN-AS 2019, yang mengusung tema “Meningkatkan Kesadaran Bersama dan Interoperabilitas Bidang Maritim.

Baca juga : Duet Bareng Dapen Telkom, Wika Realty Garap Kerja Sama Pengembangan dan Investasi

“Amerika Serikat dan Indonesia punya banyak kepentingan bersama dalam meningkatkan kesadaran bidang maritim,” kata Aquilino.

Dia menuturkan bahwa dengan bermitra dalam langkah bersama ke depan, kedua negara bisa meningkatkan keamanan maritim dengan berbagai cara.

Mulai dari memberantas peredaran narkoba hingga melawan penangkapan ikan ilegal.

Baca juga : Tumbuhkan Ekonomi Digital, RI Tingkatkan Kerja Sama Bareng Arab SaudiĀ 

Aquilino berharap, pertemuan-pertemuan ini dapat membuka peluang kolaborasi dalam bidang-bidang baru, untuk membantu mempertahankan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.