Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia-AS Perluas Kerja Sama Berantas TB

Sabtu, 29 Juni 2019 04:26 WIB
Penandatanganan kerja sama penanggulangan tuberkulosis 
antara pemerintah Indonesia, USAID, dan Becton, Dickinson and Company (BD), 
perusahaan teknologi medis internasional yang berbasis di AS, kemarin. (Foto : US Embassy in Indonesia).
Penandatanganan kerja sama penanggulangan tuberkulosis antara pemerintah Indonesia, USAID, dan Becton, Dickinson and Company (BD), perusahaan teknologi medis internasional yang berbasis di AS, kemarin. (Foto : US Embassy in Indonesia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Becton, Dickinson and Company (BD), perusahaan teknologi medis internasional yang berbasis di AS, meresmikan kemitraan baru untuk mendukung pemberantasan tuberkulosis (TBC) di Indonesia melalui Program TBC Nasional.

Dengan perkiraan jumlah kasus baru sebanyak 842 ribu setiap tahunnya dan 294 kematian setiap harinya, Indonesia memiliki beban TB tertinggi ke-3 sedunia. Dengan hanya sekitar 9 persen kasus TBC kebal obat yang bisa didiagnosis, TBC semakin sulit untuk ditangani.

Baca juga : Besok, Persija Bertarung Lawan Borneo FC

Kemitraan USAID dan BD didesain untuk memperkuat kemampuan Sistem Laboratorium Kementerian Kesehatan untuk mendiagnosis dan memantau pasien yang sedang menjalani pengobatan TBC.

Kemitraan ini akan berupaya menciptakan solusi inovatif untuk memperkuat deteksi kasus TBC di Indonesia, terutama kasus TBC kebal obat.

Baca juga : Rejo Apresiasi Kinerja Sembilan Hakim MK

“Mengakhiri TBC bersama dengan para mitra kami di Indonesia merupakan salah satu prioritas utama kami. Pendekatan baru kami, the USAID Global Accelerator to End TB mempercepat investasi dari para mitra swasta seperti BD sehingga negara-negara di dunia termasuk Indonesia, dapat menghentikan penyebaran TBC dan memberikan manfaat bagi semua orang tanpa melihat kewarganegaraan mereka,” ujar Direktur USAID Indonesia Erin E. Mckee dalam keterangan tertulis Kedubes AS, Jumat (28/6).

Wakil Presiden BD Global Health Renuka Gadde mengatakan dengan kemitraan ini, BD dapat menyumbangkan kemampuan canggih dan keahlian dalam pengujian fenotipik kepada populasi yang paling membutuhkannya.

Baca juga : CJ Indonesia Teken Kerjasama Bareng UKM

Bersama dengan Program TBC Nasional, kemitraan BD dan USAID juga meningkatkan kemandirian Indonesia dalam hal deteksi dan penanganan kasus TB. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.