Dark/Light Mode

Istrinya Kena, Anak Tirinya Kena

Najib Apes 7 Turunan

Sabtu, 6 Juli 2019 12:16 WIB
Najib Razak (Reuters)
Najib Razak (Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu persatu keluarga mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak jadi tersangka kasus pencucian uang perusahaan pelat merah 1 Malaysia Development Berhad (1MDB). Setelah Najib dan istrinya, kini giliran anak tirinya, Riza Aziz yang ditetapkan jadi tersangka. Najib apes 7 turunan.

Riza merupakan anak dari istri Rosmah Mansor dari pernikahan sebelumnya. Ia menjadi orang ketiga dalam keluarga Najib yang terjerat pencucian uang 1MDB. Riza didakwa menye lewengkan dana 248 juta dolar AS atau sekitra Rp 3,4 triliun dari 1MDB yang merupakan perusahaan investasi negara.

Dikutip dari Associated Press, Riza sang produser Hollywood berusia 43 tahun itu diduga menerima sejumlah dana pada 2011 dan 2012 di AS dan Singapura. Uang tersebut dikirim melalui Bank Swiss.

Baca juga : Ke Juventus, Rabiot Kepincut Gaji Gede

Dalam lembar perkara disebutkan dana yang diterima Riza diduga berasal dari 1MDB berafiliasi dengan akun bank perusahaan filmnya di Hollywood, Red Granite Pictures Inc. Riza merupakan co-founder perusahaan produksi film Hollywood Red Granite Pictures yang memproduksi film The Wolf of Wall Street. Film tersebut menjadi nominasi Oscar.

Otoritas Malaysia menjerat Riza dengan lima dakwaan pencucian uang. Jaksa mendakwa Riza menerima total 248 juta dolar AS sebagai hasil pe nyelewengan dana 1MDB. Dalam persidangan yang digelar kemarin, Riza membantah seluruh dakwaan.

Untuk diketahui, Riza sempat ditangkap Badan Antikorupsi Malaysia pada Kamis (4/7) untuk dila kukan penyidikan. Namun dalam per sidangan kemarin, dia dibebaskan setelah membayar uang jaminan sebesar 1 juta Ringgit. Pengadilan juga me minta Riza untuk menyerahkan paspornya.

Baca juga : Menteri Ani Yakini Kondisi APBN Aman

Selain menyelidiki pribadi Riza, otoritas AS juga menyelidiki perusahaan film yang didirikan Riza karena dicurigai ada keterkaitan dengan 1MDB. Jaksa-jaksa AS menyebut Red Granite Pictures telah membiayai produksi tiga film dengan dana yang dicurigai berasal dari 1MDB.

Pada September 2017, Red Granite Picture membayar 60 juta dolar AS kepada pemerintah AS untuk menyelesaikan gugatan soal hak film The Wolf of Wall Street. Pada Mei lalu, dana sebesar 57 juta dolar AS yang dirampas dari Red Granite Picture dikembalikan ke Malaysia dan disalurkan ke rekening yang dibuat khusus untuk pemulihan dana-dana 1MDB yang diselewengkan.

Selain Riza, istri Najib, Rosmah juga didakwa terkait 1MDB. Rosmah diduga ikut terlibat pencucian uang terkait 1MDB. Dananya digunakan untuk pembelian produk-produk kecantikan dan anti-penuaan dari Amerika Serikat bernilai lebih dari 1 juta ringgit, setara Rp 1 miliar. Kepolisian Malaysia menyita ratusan perhiasaan, sepatu, dan tas mewah milik Rosmah saat menggeledah rumah nya. Total nilai barang sitaan itu mencapai Rp 3,8 triliun.

Baca juga : Dubes AS Kenang Bu Ani Tidak Kenal Lelah Bela Rakyat

Sementara Najib yang mendirikan 1MDB tahun 2009, menghadapi 42 dakwaan kriminal terkait 1MDB, termasuk serentetan dakwaan korupsi. Sejak awal didakwa, Najib selalu bersikeras dirinya tidak bersalah. 1MDB sendiri tengah diselidiki enam negara berbeda, terkait dugaan pencucian uang dan gratifikasi.

Departemen Kehakiman AS meyakini dana total 4,5 miliar dolar AS telah diselewengkan dari 1MDB oleh para pejabat tinggi Malaysia dan kroni-kroninya antara 2009 hingga 2014. Selain itu, ada dugaan bahwa Najib juga meng alokasikan dana untuk yacht (kapal pesiar pribadi) hingga karya seni kelas dunia. [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.