Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keseruan Kegiatan PM Australia Bersama Jokowi Di Istana Bogor

Senin, 6 Juni 2022 12:26 WIB
Perdana Menteri Australia Antony Albanese dan Presiden Jokowi menanam pohon di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Foto Twitter Antony Albanese)
Perdana Menteri Australia Antony Albanese dan Presiden Jokowi menanam pohon di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Foto Twitter Antony Albanese)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Australia Antony Albanese memulai rangkaian pertemuan kenegaraannya di Indonesia, Senin (6/6). Bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, kegiatan mereka sungguh seru. Mulai menanam pohon hingga gowes sepeda bambu (spedagi).

Kemarin pagi, PM Albanese dan rombongan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. PM ke-31 Australia ini didampingi Menteri Luar Negeri Penny Wong, Menteri Perdagangan dan Pariwisata Don Farrell, Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan Ed Husic, serta Anggota Parlemen Luke Gosling.

Presiden Joko Widodo dan PM Australia Antony Albanese bersepada bersama di Istana Bogor, Senin, 6 Juni 2022. (Tangkapan Layar)

Sementara itu, Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Australia merangkap Vanuatu, Siswo Pramono.

Sesuai tradisi, setibanya mobil rombongan tamu negara, pasukan berkuda sudah siap dengan seragam tradisional Indonesia dan korps musik di pintu gerbang Istana Kepresidenan Bogor.

Baca juga : Yuk Kenali Perusahan yang Bisa Bertahan di Era Digital

Di depan Istana Kepresidenan Bogor tampak pelajar mengibarkan Bendera Merah Putih dan Bendera Australia ukuran mini.

Sementara itu, Presiden Jokowi menunggu PM Albanese di teras samping Istana Kepresidenan Bogor. Presiden Jokowi selaku tuan rumah mengajak tamunya untuk mengikuti upacara penghormatan kenegaraan di halaman depan Istana.

Pada saat digelar upacara penyambutan, dikumandangkan lagu kebangsaan Australia Advance Australia Fair dan lagu kebangsaan Indonesia Indonesia Raya dilanjutkan 19 kali tembakan meriam.

Setelah itu, PM Albanese diajak melakukan inspeksi jajar kehormatan dan selanjutnya memperkenalkan jajaran menteri masing-masing delegasi.

Baca juga : Indonesia Perkuat Kerja Sama Air Dengan Belanda

Setelah saling memperkenalkan jajaran pejabat pendamping, Jokowi mengajak Albanese melakukan sesi foto bersama dan menandatangani Buku Tamu di Ruang Teratai.

Selanjutnya, keduanya menuju veranda untuk melakukan perbincangan singkat, menanam pohon Kamper di halaman Istana Kepresidenan Bogor, dan selanjutnya mengayuh sepeda kayu (spedagi) bersama menuju Resto Raasa di Kebun Raya Bogor yang menjadi lokasi pertemuan bilateral.

Sebelumnya, PM Albanese mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat Australia sehingga ia berkomitmen untuk berkunjung secepatnya.

“Kedua negara kita memiliki sejarah panjang kerja sama dan persahabatan, dan pemerintahan saya akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam hal ini,” kata PM Albanese dalam kutipan Kedubes Australia, Minggu (5/6).

Baca juga : Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan, Yang Berisiko Tinggi Diberi Wristband

“Selama kunjungan ini, saya berharap dapat membangun hubungan kita lebih jauh, termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan kita dan mempromosikan kerja sama di bidang iklim, infrastruktur dan energi,” pungkas PM bernama lengkap Anthony Norman Albanese itu. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.