Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Bern Pastikan Status Eril Masih Missing Person

Senin, 6 Juni 2022 19:24 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad (tengah) bersama perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman (kiri)  dalam jumpa pers virtual di Bern, Swiss, Senin (6/6),
Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad (tengah) bersama perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman (kiri) dalam jumpa pers virtual di Bern, Swiss, Senin (6/6),

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Bern memastikan pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Sungai Aare masih berstatus sebagai orang hilang dan tidak berubah status menjadi orang tenggelam.

"Kepolisian Bern terus melakukan pencarian. Tidak ada perubahan dalam status pencarian Eril yang hilang di Sungai Aare," kata Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad dalam jumpa pers virtual Kedutaan Besar Indonesia di Bern, Swiss, Senin (6/6),

Muliaman juga meluruskan pemberitaan mengenai perubahan status pencarian Eril dari orang hilang atau missing person menjadi orang tenggelam atau drowned person.

"Pencarian Eril tanpa batas waktu. Statusnya masih Missing Person," tegasnya.

Baca juga : Waketum Partai Golkar Dorong Digitalisasi Di Bidang Pendidikan

Eks Ketua Komisioner OJK menjelaskan, sejak awal misi pencarian Eril yang dilakukan oleh kepolisian setempat yakni mencari orang hilang. Istilah tersebutlah yang digunakan secara resmi di Swiss.

"Saya bisa sampaikan bahwa tidak pernah ada perubahan status. Sejak awal misi pencarian yang dilakukan polisi adalah missing person dan itu memang istilah baku yang digunakan di Swiss," jelas Muliaman.

Dia pun memastikan, pencarian Eril akan ditempuh oleh otoritas Swiss hingga Eril ditemukan. Terhitung sejak hari Eril dilaporkan hilang ketika berenang di Sungai Aare, pencarian telah memasuki hari ke-12.

"Tentu saja sesuai kebijakan yang ditempuh oleh otoritas lokal, pencarian ini tidak akan berhenti sampai ditemukan," ujar Muliaman.

Baca juga : Puan Panjatkan Doa Untuk Eril Dari Tanah Suci

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pencarian Eril telah mencakup 29 kilometer wilayah Sungai Aare. Metode pencarian yang dilakukan baik dengan patroli perahu maupun patroli darat.

"Kita berdoa bersama mudah-mudahan upaya pencarian yang dilakuka otoritas Swiss bisa segera memberikan informasi sesuai harapan kita semua.," harap Muliaman.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak di Swiss yang telah membantu pencarian Eril.

"Setelah mendengar penjelasan dari pihak kepolisian, untuk selanjutnya, keluarga mempercayakan pemantauan pencarian ke KBRI," terang Elpi.

Baca juga : Pertamina Pastikan Salurkan BBM & LPG Aman Hngga Pelosok Desa,

Meski demikian, keluarga yang berada di Swiss tetap akan memantau secara pasif. Eril yang merupakan putra sulung Ridwan Kamil dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.