Dark/Light Mode

Jenazah Eril Ditemukan Di Bendungan Engehalde

Kang Emil: Tuhan, Kami Tenang Sekarang

Jumat, 10 Juni 2022 06:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan putranya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan putranya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah 14 hari tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, akhirnya jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril ditemukan. Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde. Rencananya, jenazah Eril akan sampai di Indonesia pada hari Minggu (12/6).

Jenazah Eril ditemukan Kepolisian Swiss, Rabu (8/6) pagi pukul 06.50 di cekungan Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Lokasi penemuan jenazah Eril sekitar 5-6 kilometer dari lokasi awal hilangnya.

Kepolisian Bern lalu menyampaikan informasi penemuan itu, ke KBRI Bern dan keluarga Ridwan Kamil di Swiss. Tim forensik kepolisian Swiss lalu mengidentifikasi DNA untuk memastikan jenazah itu adalah Eril.

Siang harinya, Kepolisian Swiss mengonfirmasi, berdasarkan tes DNA, jenazah yang ditemukan tersebut adalah Eril yang tenggelam di Sungai Aare, Kamis (26/5) lalu. Setelah itu, pihak kepolisian menyampaikan berkas ke pengadilan untuk serah terima jenazah Eril ke keluarga Eril.

"Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban tewas adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini," begitu keterangan Polisi Swiss.

Baca juga : Kang Emil: Sungguh Tuhanku, Kami Tenang Sekarang...

Penemuan ini juga dibenarkan oleh Dubes RI Untuk Swiss, Muliaman Hadad. KBRI pun langsung menggelar jumpa pers semalam. Selain Muliaman, hadir juga adik Ridwan Kamil, Elpi Nazzuzaman.

“Pihak kepolisian mengkonfirmasi bahwa jenazah yang ditemukan adalah ananda Eril," katanya. 

Muliaman mengatakan, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam pengurusan kepulangan jenazah Eril ke Tanah Air.

Sementara, Elpi mengatakan, jenazah Eril akan langsung dibawa ke Indonesia secepatnya. Dia menyebut jenazah Eril akan disucikan dan disalatkan sebagai seorang muslim.

Mengetahui jenazah anaknya sudah ditemukan, Kang Emil-sapaan akrab Ridwan Kamil-langsung mengucapkan takbir. “Allahu Akbar," ucapnya, di akun Instagramnya, kemarin.

Baca juga : Adik Kang Emil: KBRI Bern Beyond The Call Of Duty, Kami Merasa Tidak Sendirian...

Dalam unggahan itu, dia juga mengucap syukur kepada Allah atas penemuan jenazah sang anak. "Alhamdulillah ya Allah SWT. Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan," tulis dia.

Jenazah Eril, kata Kang Emil, diperkirakan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6). "Jenazah Eril insyaallah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," tulis dia.

Emil juga menghaturkan terima kasih kepada KBRI dan pemerintahan setempat. "Terima Kasih kepada KBRI Swiss, dan Kepolisian/pemerintah kota Bern atas kerja kerasnya," tulis dia.

Tak lupa, mantan Wali Kota Bandung ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selama ini membantunya. "Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril. Semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua," ucapnya.

Terakhir, ia panjatkan doa kepada Allah karena jenazah putra sulungnya ditemukan. "Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami," tutup Kang Emil.

Baca juga : Jenazah Eril Ditemukan Di Bendungan Engehalde, Bern, DNA Cocok

Istri Kang Emil yang juga Ibunda Eril, Atalia Praratya juga mengucap syukur jenazah putra sulungnya itu telah ditemukan. "Alhamdulillah, Allahu Akbar," demikian tulisan Atalia di Instagramnya, kemarin.

Atalia mengatakan, hasil tes DNA terhadap jenazah yang ditemukan identik dengannya. "DNA sudah dinyatakan sama dengan saya. “Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn....," tulis Atalia.

Kang Emil sudah terbang ke Swiss. Dia sudah mengambil cuti selama 10 hari dari 9-19 Juni 2022 ke Kementerian Dalam Negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.