Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, RI Terbitkan Samurai Bond Rp 9,04 Triliun di Jepang

Jumat, 10 Juni 2022 08:12 WIB
KBRI Tokyo (foto:ist)
KBRI Tokyo (foto:ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia kembali menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi Yen Jepang (Samurai Bonds) dengan nominal benchmark size sebesar JPY 81 miliar atau Rp 9,04 triliun. Ini adalah penerbitan untuk ketiga kalinya di masa pandemi sejak Juli 2020. 

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi memastikan percepatan pemulihan ekonomi Indonesia terus dikomunikasikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo kepada pemangku kepentingan terkait di Jepang. Khususnya, menyangkut kemudahan dan kredibilitas investasi untuk pembiayaan pembangunan di Indonesia.

Baca juga : Top, Laba Pertamina Naik Dua Kali Lipat

“KBRI Tokyo berkomitmen kuat untuk berperan aktif dalam mengkampayekan perkembangan positif perekonomian dan investasi Indonesia dalam setiap kesempatan kepada mitra swasta dan Pemerintah Jepang. Salah satu instrument konkretnya adalah Samurai Bond yang mendapatkan kepercayaan luar biasa dari para investor di Jepang,” ujar Dubes Heri lewat keteranganya Jumat (10/6).

Penerbitan Samurai Bonds tahun ini merupakan capaian yang baik di tengah kondisi pasar keuangan yang masih volatile (perubahan naik turun harga) atas dampak dari kenaikan suku bunga dan pengetatan kebijakan moneter global serta meningkatnya ketegangan geopolitik. Penerbitan Samurai Bonds ini digunakan sesuai dengan kebutuhan pembiayaan pembangunan, termasuk upaya pemulihan ekonomi nasional. 

Baca juga : Toys Kingdom Berikan Diskon Hingga 80 Persen di Playfest Tokopedia

Adapun Joint Lead Arrangers dalam transaksi ini adalah Daiwa Securities Co. Ltd., Mizuho Securities Co., Ltd., Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co., Ltd dan Nomura Securities Co., Ltd; Berdasarkan tipe investor pada transaksi ini terdiri dari city banks (12.3%), lifers (8.6%), asset managers (24.8%), central cooperatives (12.3%), central public funds (2.5%), regional banks/regional cooperatives (13.2%), property insurance (0.2%) dan lainnya (9.1%). Sedangkan investor dari luar Jepang tercatat 16,8% dari jumlah total investor. 

Capaian positif dalam penerbitan Samurai Bonds ini merupakan bagian dari strategi pembiayaan yang bersifat fleksibel dengan memanfaatkan kondisi pasar dengan suku bunga yang relatif masih cukup rendah, mengingat tren kenaikan suku bunga global masih akan berlanjut dalam beberapa bulan ke depan.■

Baca juga : PLN Untung Rp 13,17 Triliun Sepanjang 2021


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.