Dark/Light Mode

Dianggap Tutupi Pelanggaran HAM China, Komisioner Tinggi HAM PBB Dituntut Mundur

Senin, 13 Juni 2022 23:50 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Di samping itu, mereka juga mengatakan, Bachelet tidak mengunjungi Hong Kong dan gagal mengutuk kampanye menolak pemerintah China untuk menghancurkan HAM dan demokrasi di kota.

Bachelet juga tidak menyebutkan Mongolia Selatan, meskipun pihak berwenang China terlibat dalam serangan luas terhadap identitas Mongolia dan protes massal yang belum pernah terjadi sebelumnya di Mongolia Selatan pada tahun 2020.

Baca juga : Dituding Membeo China, Kepala HAM PBB Didesak Mundur

Bachelet belum menanggapi kecaman baru-baru ini atas kunjungannya ke Beijing. Namun pada akhir lawatannya bulan lalu,

Bachelet mengatakan kunjungannya dimaksudkan sebagai kesempatan untuk membahas isu-isu hak asasi manusia dengan pejabat-pejabat senior China dan membuka jalan untuk pembicaraan lebih lanjut.

Baca juga : AS Curiga China Tipu Komisioner HAM PBB

Bachelet juga membela diri dari kecaman bahwa ia bersikap terlalu lunak terhadap China, dengan mengatakan ia telah berbicara terus terang pada para pemimpin China tentang tindakan keras di Xinjiang dengan dalih memerangi terorisme. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.