Dark/Light Mode

Dubes Fadjroel Rachman Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Republik Tajikistan

Jumat, 17 Juni 2022 14:23 WIB
Dubes RI untuk Republik Tajikistan Fadjroel Rachman (tengah, kanan) bersama Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon dalam acara penyerahan Surat Kepercayaan di Istana Presiden Tajikistan di Dushanbe, Jumat (17/6). (Foto: KBRI Nur Sultan)
Dubes RI untuk Republik Tajikistan Fadjroel Rachman (tengah, kanan) bersama Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon dalam acara penyerahan Surat Kepercayaan di Istana Presiden Tajikistan di Dushanbe, Jumat (17/6). (Foto: KBRI Nur Sultan)

 Sebelumnya 
Dia juga menjelaskan tentang persamaan serta hubungan baik antara Indonesia dan Tajikistan, yang sudah berlangsung lama. Juga perlu terus dikembangkan untuk kemajuan kedua negara.

"Pemerintah Indonesia mengakui kemerdekaan Republik Tajikistan pada 28 Desember 1991. Indonesia dan Tajikistan telah membangun persahabatan yang baik, dalam waktu yang cukup panjang," terang Dubes Fadjroel.

Baca juga : Konsultan Foresight Kecewa Eksepsi Ditolak Hakim

"Kami percaya, kita masih memiliki banyak potensi kerja sama yang harus dikejar lebih lanjut, untuk memperkuat hubungan bilateral kita," imbuhnya.

Indonesia dan Tajikistan disebut banyak memiliki persamaan. Mayoritas penduduk kedua negara adalah muslim. Perekonomiannya juga terus tumbuh.

Baca juga : Dubes Jepang Beri Penghargaan Kepada Eks Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta

Pada kesempatan yang sama, Dubes Fadjroel juga memaparkan tentang upayanya untuk terus membuka kerja sama di segala bidang. Termasuk, semakin menggiatkan pencak silat di Tajikistan.

“Kami membuka peluang kerja sama di segala bidang. Seperti perdagangan, pariwisata, pendidikan, ekonomi, dan budaya. Jadi, salah satu kekayaan budaya yang Indonesia yang akan kami bawa sebagai lokomotif budaya Indonesia adalah pencak silat. Alhamdulillah, saat ini sudah terbentuk Asosiasi Pencak Silat Tajikistan dengan anggota sekitar 500 orang," beber mantan Jubir Presiden tersebut.

Baca juga : Semoga Saja Pelayanan Kepada Pasien Tak Buruk

Di akhir acara, Dubes Fadjroel mengundang Presiden Tajikistan untuk menghadiri World Water Forum 2024, yang akan dilaksanakan di Indonesia.

“Dengan hormat, kami mengundang Bapak Presiden Emomali Rahmon untuk hadir dalam acara World Water Forum 2024 di Bali, Indonesia," ucapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.