Dark/Light Mode

Kabar Baik Dari Inggris: Dibanding Delta, Omicron Minim Risiko Long Covid

Jumat, 17 Juni 2022 16:45 WIB
Ilustrasi hasil tes positif Covid (Foto: Istimewa)
Ilustrasi hasil tes positif Covid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dibanding varian Delta yang merupakan pendahulunya, varian Omicron tergolong minim risiko Long Covid. Demikian hasil studi peer-review pertama dari para peneliti di King's College London, Inggris.

Riset yang menggunakan data dari aplikasi ZOE COVID Symptom Study menemukan fakta, bahwa Omicron memiliki kemampuan yang lebih rendah, dalam mengembangkan gejala Long Covid setelah infeksi. Angkanya,  20-50 persen lebih rendah dibanding Delta. 

Baca juga : Dari Inggris, Kang Emil Terbang Ke Swiss

Long Covid yang mencakup gejala berkepanjangan, mulai dari kelelahan hingga brain fog, dapat melemahkan tubuh. Bisa berlanjut selama berminggu-minggu, atau berbulan-bulan.

Para ahli mengakui Long Covid, sebagai masalah kesehatan masyarakat.

Baca juga : Kepala BNPT Ajak Lemhanas Inggris Perangi Terorisme Bersama

"Studi dari King's diyakini sebagai penelitian akademis pertama yang menunjukkan bahwa Omicron tergolong minim risiko terhadap Long Covid. Tapi, ini tak lantas menurunkan jumlah orang yang terkena Long Covid," jelas tim King's College London, seperti dikutip Reuters, Kamis (16/6).

Selama gelombang Omicron, risiko Long Covid memang tergolong rendah. Tapi, jumlah orang yang terinfeksi menjadi lebih banyak, karena Omicron lebih mudah menular. Sehingga, jumlah penyintas Covid juga menjadi lebih banyak.

Baca juga : Simak, Daftar Kelompok Anak/Remaja Yang Rentan Kena Long Covid

 "Ini kabar baik. Tapi tolong, layanan kesehatan jangan mengurangi layanan untuk pasien Long Covid," kata Ketua Tim Peneliti King's College London, Dr Claire Steves. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.