Dark/Light Mode

Berjasa Eratkan Jakarta-Tokyo

Sri Sultan HB X Diganjar Order of The Rising Sun

Senin, 4 Juli 2022 22:44 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Dubes Jepang Kenji Kanasugi di Jakarta, 28 Juni 2022. (Kedubes Jepang)
Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Dubes Jepang Kenji Kanasugi di Jakarta, 28 Juni 2022. (Kedubes Jepang)

 Sebelumnya 
Pemerintah DIY juga menandatangani kesepakatan persahabatan dengan Prefektur Kyoto pada 1985. Inisiasi itu merupakan kerja sama pertama antara Pemerintah Daerah di Indonesia dan Pemerintah Daerah di luar negeri.

Hubungan tidak hanya terjalin dalam kerja sama pertukaran budaya. Sultan menerima bantuan dari Jepang saat gempa bumi melanda Yogyakarta pada 2006. Sebagai balasan atas kontribusi Sultan dalam acara amal saat bencana melanda Jepang.

Baca juga : Saga Tebar Sembako Dan Deklarasi Dukung Ganjar Di Kuningan

“Melalui kegiatan tersebut, Yang Mulia sekaligus mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara Jepang dan Indonesia di bidang olahraga, pencegahan bencana dan penanganan bencana,” jelas Dubes yang hobi berbagai kuliner jenis mie ini.

Pada kesempatan yang sama, Sultan mengatakan, penghargaan tersebut diharapkan semakin menumbuhkan hubungan dan interaksi antarmasyarakat di kedua negara.

Baca juga : Partai Keadilan Dan Persatuan Bentuk The Winning Team

“Penghargaan ini sungguh sebuah kehormatan. Tidak hanya bagi diri kami pribadi, juga bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” ujar Sultan.

Sultan juga bekerja sama dengan sejumlah organisasi Jepang, seperti Japan International Cooperation Agency (JICA), Japan Council of Local Authorities for International Relations (J-CLAIR), Kongres Nara dan Sumitomo Forestry.

Baca juga : KLHK Gugat Perusahaan Pembakar Hutan Dan Lahan Rp 1 Triliun

Relasi dengan organisasi-organisasi tersebut memungkinkan dukungan dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial kemasyarakatan. JICA menyokong upaya pembangunan Sabo Dam Merapi, serta kajian zonasi kawasan Candi Prambanan dan kawasan aerotropolis Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Sementara, J-CLAIR memberikan ruang bagi komunikasi Pemda DIY dengan para pemangku kepentingan di Jepang. Sumitomo Forestry turut mengadakan proyek rehabilitasi Suaka Margasatwa Paliyan sejak 2005. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.