Dark/Light Mode

Liputan Rakyat Merdeka Dari Malaysia

Putrajaya Sepi Tapi Aman, Bisa Ditiru IKN Nusantara

Rabu, 6 Juli 2022 08:05 WIB
Orang dewasa hingga anak-anak bermain di taman-taman di kawasan Putrajaya, Malaysia, menjelang tengah malam. (Foto Paul Yoanda/RM)
Orang dewasa hingga anak-anak bermain di taman-taman di kawasan Putrajaya, Malaysia, menjelang tengah malam. (Foto Paul Yoanda/RM)

 Sebelumnya 
Gedung Kantor Perdana Menteri Malaysia, jadi pusat Putrajaya. Letaknya di titik pangkal jalan Persiaran Perdana. Dari tempat itu, seluruh kantor pemerintahan bisa terlihat jelas.

Untuk bangunan-bangunan di Putrajaya, mengikuti arsitektur modern, dipadukan dengan budaya Islam dan Melayu. Di atap beberapa bangunan, termasuk Kantor PM, terdapat kubah-kubah besar, seperti yang biasa ditemui di masjid.

Baca juga : PMI Wanita Difasilitasi Rumah Khusus, Keamanan Terjamin

Sebagai IKN yang masih terbilang muda, berusia sekitar 26 tahun sejak konstruksi pertama dilakukan pada Oktober 1996, infrastruktur di Putrajaya, komplet. Jalan utama lebarnya sampai 100 meter. Di jalan-jalan utama, selalu ada taman besar yang jadi pendukung.

“Kami membangun semua fasilitas yang dibutuhkan terlebih dulu, kemudian memindahkan manusianya,” ujar Kepala Divisi Komunikasi Perbadanan Putrajaya, Norzita binti Abdul Razak, saat menerima kunjungan peserta ISWAMI di kantornya, Kamis (30/6).

Baca juga : Ganda Putra Tetap Optimistis

Perbadanan Putrajaya adalah badan otorita yang mengelola IKN Putrajaya. Kota itu tak hanya menyediakan tempat untuk perkantoran. Tapi juga bagi mereka yang mencari sarana rekreasi, dan ketenangan. Taman-taman besar ada di tiap sudut kota. Membuat suasana adem, di tengah teriknya udara negara tropis.

Di tengah Putrajaya, terdapat danau buatan. Luasnya sekitar 650 hektare. Danau itu biasa dipakai untuk rekreasi air. “Beberapa waktu lalu juga sempat dipakai untuk cabang olahraga perahu naga di SEA Games,” jelas Norzita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.