Dark/Light Mode

Tegaskan Dukungan Terhadap Ukraina

Menlu Kanada Dan Amrik Siap Hadiri G20 Di Bali

Kamis, 7 Juli 2022 08:10 WIB
Menlu Kanada Melanie Joly dan Menlu AS Antony J. Blinken saat bertemu di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto) Global News
Menlu Kanada Melanie Joly dan Menlu AS Antony J. Blinken saat bertemu di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto) Global News

 Sebelumnya 
Para Menlu G20 akan berkumpul di saat dunia sedang berjuang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Yakni, perubahan iklim, pandemi Covid-19, dan meningkatnya krisis ketahanan pangan akibat invasi ilegal Rusia ke Ukraina.

Mengenai dampak global perang Rusia di Ukraina, G20 juga akan membahas konsekuensi yang ditimbulkan pada inflasi, keamanan ekonomi, pasar energi internasional, serta perdamaian dan keamanan.

Baca juga : Galang Dukungan, Teman Sandi Gelar Lomba E-Sport Dan Lomba Skateboard Di Kota Medan

Pada pertemuan tersebut, Menteri Joly akan menegaskan kembali dukungan penuh Kanada terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Dia akan melibatkan rekan-rekannya untuk menegaskan kembali prinsip kesetaraan berdaulat untuk semua negara. Juga pentingnya menegakkan aturan dan lembaga internasional.

“Sebagai salah satu arsitek sistem yang telah mendukung stabilitas global selama beberapa dekade, Kanada tidak akan takut mempertahankan integritasnya,” pernyataan pers Kedutaan Kanada di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Sandiaga Uno Didukung Sultan Pontianak Dan Ulama Kalbar Jadi Presiden 2024

“Kehadiran Menteri Joly juga memberikan kesempatan untuk secara langsung melawan disinformasi dari perwakilan rezim Rusia, yang telah diperkirakan akan berlangsung dalam forum multilateral ini,” bunyi pernyataan itu lagi.

Dalam mendukung agenda Presidensi G20 Indonesia, Menteri Joly akan menggarisbawahi komitmen teguh Kanada untuk bekerja sama mempertahankan tatanan internasional berbasis aturan, membangun ekonomi yang tangguh dan inklusif, pulih dari pandemi, memajukan kesetaraan perempuan dan pemberdayaan ekonomi serta melindungi lingkungan untuk generasi mendatang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.