Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Video Jelang Rakernas PDIP, Jokowi & Mega Duduk Berhadapan

Selasa, 21 Juni 2022 13:46 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, sesaat sebelum pembukaan Rakernas PDIP. (Foto: Instagram @puanmaharaniri)
Presiden Jokowi saat bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, sesaat sebelum pembukaan Rakernas PDIP. (Foto: Instagram @puanmaharaniri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada hal menarik menjelang pembukaan Rakernas PDI Perjuangan (PDIP). Yakni, saat Presiden Jokowi menghadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Momen itu terekam dalam video yang diunggah Ketua DPP PDIP Puan Maharani, di akun Instagramnya, @puanmaharaniri, Selasa (21/6).

"Di ruangan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati, sesaat sebelum pembukaan Rakernas PDI Perjuangan kami ngobrol santai, diskusi ringan sambil selfie bersama Ibu Mega, Pak Jokowi @jokowi, dan Pak Nanan (Prananda Prabowo)," tulis Puan, memberi keterangan di kolom caption

Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, tampak Jokowi yang mengenakan batik lurik cokelat lengan panjang, celana hitam, dan sepatu pantofel warna senada, tengah duduk berhadapan dengan Mega, yang dipisahkan meja kerja Presiden ke-5 RI tersebut. Keduanya bermasker. 

Tangan Jokowi terlipat rapi di bawah. Sementara Mega, tampak tengah berbicara serius. Tangannya beberapa kali tampak ikut "bermain".

Sementara Puan dan Prananda, duduk di kursi terpisah, di sebelah kiri Jokowi. Tak lama, Puan berdiri dan mengambil video secara selfie.

Baca juga : Menko Airlangga Cek Persiapan Pembangunan IKN, Kota Dunia Untuk Semua

Jokowi, yang tampak serius mendengarkan Mega berbicara, sempat melambaikan tangan ke arah kamera handphone Puan. Setelah itu, kaki kanannya sempat diangkat beberapa saat. 

Hasil rekaman video selfie itu kemudian diunggah Puan satu jam berikutnya. Dari situ terungkap, ada beberapa orang lagi dalam ruangan itu.

Mereka yakni Seskab Pramono Anung, Bendum PDIP Olly Dondokambey, dan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, yang duduk di sisi kanan Jokowi, menghadap kursi Puan dan Prananda. Rupanya, Pramono Anung lah yang merekam video dalam unggahan pertama Puan tadi.

"Pagi, ini lagi persiapan mau pembukaan Rakernas, bersama mas Nanan," ujar Puan, yang disambut lambaian tangan Prananda yang duduk di sebelahnya.

Kemudian, kamera bergeser ke arah Mega dan Jokowi. "Terus ada ibu, lagi serius ngobrol sama presiden…" lanjutnya, yang disambut lambaian tangan Jokowi. Sementara Mega, hanya melirik sebentar ke arah kamera.

"Yang lainnya ada bendahara, mas Pram, sama KaBIN," tutur Puan.

Baca juga : Dubes Jepang Serahkan Penghargaan Untuk Yenny Wahid

Dalam unggahan itu Ketua DPR itu memberi caption begini: "Walau lagi serius menjelang pembukaan Rakernas PDI Perjuangan, tetap harus rileks. Bersama Ibu Mega, Mas Nanan, Mas Pram @pramonoanungw, Bang Olly, dan Pak Budi Gunawan @bg.budigunawan. Pak Jokowi @jokowi pun terlihat santai ikut menyapa kalian semua. Semangat!".

Melihat unggahan tersebut, warganet pun melontarkan berbagai komentar. Sebagian berusaha "menerjemahkan" posisi duduk Jokowi dalam video tersebut.

"Kok kayanya kesannya Presiden lagi disidang suruh menghadap Bu Mega," komentar @oland.91.

"Posisinya serasa pas zaman dulu saya masuk ruang BP di sekolahan," tulis @fakhriawwal, yang langsung ditimpali @bangikrom10. "Kayak ketemu kepala sekolah," tulisnya.

Sementara sebagian warganet lain, menilai, posisi duduk Jokowi sebagai Presiden, kurang pas. "Aturan mah duduk sejajar aja seperti presiden-presiden negara lain sekali pun ngobrol sama orang penting, biar ada wibawanya. Kalau posisinya begini kaya lagi menghadap atasan," kritik @rahmi_chess.

"Agak gamang pak Jokowi dari cara angkat sepatunya," sambar @rafriandinasution. 

Baca juga : Hari Ini Penutupan Rakernas Nasdem, Mahathir Jadi Pembicara Kehormatan

Tapi banyak juga yang membela Jokowi. Salah satunya, @aripinabadi. "Pak Jokowi memposisikan diri sebagai kader partai. Etika yang sangat bagus," pujinya.

Senada, @ferdiansyah.maulana81 juga menyebut, sikap Jokowi sudah tepat.

"Masalah gestur pak Jokowi kok banyak yang salah artikan. Bagi saya, inilah bentuk etika yang sebenarnya. Walaupun beliau berada dalam posisi yang lebih tinggi dalam republik ini, tapi sikap santun terhadap senior yang dikedepankan," komentar dia.

Kedua video itu kemudian dihapus. Puan mengupload ulang video yang diambil dari selfie-nya setelah diedit dengan menambahkan musik, teks, dan footage ketika Jokowi melambaikan tangan dari rekaman video pertama, serta logo Puan Maharani di akhir video. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.