Dark/Light Mode

Dilantik Jadi Menkeu Meksiko

Herrera Kenapa Pucat dan Murung

Jumat, 12 Juli 2019 11:05 WIB
Arturo Herrera (kanan) nampak gugup saat Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berpidato dalam video pelantikannya menjadi Menkeu Meksiko. (Dok : esp Video Mexican Government).
Arturo Herrera (kanan) nampak gugup saat Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berpidato dalam video pelantikannya menjadi Menkeu Meksiko. (Dok : esp Video Mexican Government).

RM.id  Rakyat Merdeka - Arturo Herrera dilantik Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador sebagai menteri keuangan, menggantikan Carlos Urzua, Selasa petang waktu setempat (9/7).

Tidak ada insiden berarti dalam pelantikan tersebut. Namun, dalam video pelantikan, yang diposting bagian kepresidenan, Herrera tampak tak bahagia di hari pelantikannya itu.

Dalam video itu, Herrera tampak murung dan pucat selama prosesi itu. Diberitakan AFP, kemarin, Herrera tampak menunduk selama Obrador berpidato enam menit. Obrador mengatakan, dia kecewa dengan keputusan Urzua yang mundur di saat Meksiko membutuhkan bantuan dalam menangani masalah ekonomi.

Baca juga : Herrera Kesal Dicuekin MU

Netizen menggoda Herrera yang terlihat tidak bahagia dengan pekerjaan barunya. “Meksiko akan menghadapi krisis ekonomi terbesarnya dan saya harus mengurusi semua masalah ini. Luar biasa,” komentar Migue Pene dalam Twitter seolah menyuarakan isi hati Herera.

“Bagaimana kalau saya resign sekarang saja? Apa saya dapat tunjangan untuk anak saya?” kelakar Frigate_Ummen mengomentari gaya Herrera.

Urzua memang tiba-tiba mundur dari posisi menteri keuangan dan pergi tanpa meninggalkan perencanaan perbaikan ekonomi Meksiko. “Wow hari yang luar biasa!” sahut netizen lainnya.

Baca juga : Salurkan KUR ke Sektor Pangan, BNI Pertajam Kerjasama UNS dan Bulog

Seorang Pengamat Bahasa Tubuh dan Perilaku dari Knesix Institute, Jesus Enrique Rosas mengatakan Herrera terlihat berkali kali menolak melakukan kontak mata dengan Obrador. Dia juga sering berkedip. Ini sinyal bahwa Herrera gugup.

“Saat Lopez Obrador mengulangi janjinya memperbaiki ekonomi Meksiko dalam waktu singkat, kedipan Herrera semakin sering. Dia menelan ludah dan menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan lainnya,” kata Rosas, seperti dikutip AFP, kemarin.

Presiden Obrador, yang dilantik akhir 2018, mendapat dukungan mayoritas penduduk Meksiko dan dinilai dekat dengan rakyat. Dia pun terkenal hobi mengumbar janji memperbaiki ekonomi Meksiko meski dia tidak memiliki rencana pasti.

Baca juga : Penjualan Mei Meroket, Mobil Toyota Ini Paling Banyak Diburu

Sementara, Herrera nampak sudah jauh lebih baik pada Rabu siang (10/7). Dia mengaku sadar video pelantikannya ditonton lebih dari 1 juta orang dan mendapat komentar lucu.

Dia berjanji akan bekerja dengan baik agar bisa memenuhi harapan Obrador. “Saya sebenarnya tidak murung. Saya hanya berusaha terlihat kalem karena saya suka tertawa. Jadi, untuk jaga imej, saya diam. Tapi malah lucu,” pungkas Herrera.  [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.