Dark/Light Mode

Top, Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Asia Lagi

Kamis, 4 April 2019 15:20 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Moneysmart)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Moneysmart)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majalah Keuangan FinanceAsia kembali menobatkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) terbaik di Asia Pasific. Penghargaan ini merupakan untuk kali ketiga.

Sebelumnya, FinanceAsia telah menobatkan Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini sebagai Menkeu terbaik se-Asia Pasifik berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018. FinanceAsia menilai, Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

Baca juga : Erick Diminta Warganet Pimpin PSSI

Bahkan, Sri Mulyani berhasil mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir. Untuk diketahui, pada 2018 defisit anggaran Indonesia tercatat hanya 1,76 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Sri Mulyani juga dinilai berhasil meningkatkan kepatuhan pajak melalui program Amnesti Pajak yang digelar pada 2016 dan 2017. Dengan naiknya kepatuhan pajak, penerimaan negara pun naik.

Baca juga : Menkeu: Masih Terjangkau Rakyat

Selain itu, Sri Mulyani juga berhasil meluncurkan Global Green Sukuk. Hal ini menjadin Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang menjual Green Bond untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan. Jumlah yang terjual mencapai 1,25 miliar dolar AS. FinanceAsia juga menilai, Sri Mulyani berhasil menjaga nilai tukar rupiah di tengah perang dagang Amerika Serikat dan China.

FinanceAsia menobatkan Carlos Dominguez dari Filipina sebagai menteri keuangan kedua terbaik di Asia Pasifik, peringkat ketiga Heng Swee Keat dari Singapura, peringkat keempat Josh Frydenberg dari Australia, serta peringkat kelima Paul Chan dari Hong Kong.

Baca juga : Sri Mulyani Nggak Mau Grasa-grusu

Kemudian, peringkat keenam adalah Piyush Goyal dari India, peringkat ketujuh Liu Kun dari Tiongkok, peringkat kedelapan Hong Nam-Ki dari Korea Selatan, peringkat kesembilan Lim Guan Eng dari Malaysia, peringkat kesepuluh Apisak Tantivorawong dari Thailand, peringkat sebelas Su Jain-Rong dari Taiwan, dan terakhir Taro Aso dari Jepang. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.