Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Tunisia Zuhairi Misrawi

Jajaki Kerja Sama Antara Masjid Zaitunah Dengan Masjid Istiqlal

Rabu, 13 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Zuhairi Misrawi (kiri) menerima kenang-kenangan dari
Syekh Hisyam bin Mahmud, di Tunis, Tunisia, Minggu (10/7). (Foto KBRI Tunis)
Dubes Zuhairi Misrawi (kiri) menerima kenang-kenangan dari Syekh Hisyam bin Mahmud, di Tunis, Tunisia, Minggu (10/7). (Foto KBRI Tunis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Tunisia Zuhairi Misrawi melakukan penjajakan kerja sama antara Masjid Zaitunah dengan Masjid Istiqlal Jakarta. Hal ini dilakukan di sela-sela silaturahmi dengan Imam Besar Masjid Zaitunah, Syekh Hisyam bin Mahmud, di ruangan Imam Besar di Tunis, Minggu (10/7).

“Ada keinginan dari para ulama di Tunisia, khususnya Imam Besar Masjid Zaitunah untuk membangun kerja sama dengan masjid-masjid di Indonesia untuk penguatan moderasi beragama,” ujar Dubes Zuhairi dalam keterangannya, Senin (11/7).

“Saya mengusulkan kepada Imam Besar, agar ada kerja sama antara Masjid Zaitunah dan Masjid Istiqlal, Jakarta. Sebab kedua masjid ini merupakan simbol kedua negara,” sambungnya.

Baca juga : Promosikan Rempah Dan Unagi Di Pasar Ikan

Masjid Zaitunah memiliki sejarah yang panjang. Dubes Zuhairi menceritakan bahwa ruangan Imam Besarnya saja sudah berusia lebih dari 13 abad. Ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia.

Masjid Zaitunah telah melahirkan sosok ulama besar. Di antaranya Ibnu Khaldun, Ibnu Arafah, Hudhair Husein, Muhammad Thahir bin ‘Asyur, dan lain-lain.

“Sebelumnya, Imam Besar Masjid meminta agar bisa berbincang-bincang dengan saya, yang disebutnya sebagai sahabat,” ujar Dubes Zuhairi.

Baca juga : Perkuat Kerja Sama Kebencanaan Jakarta-Tokyo

Sementara Imam Besar Masjid Zaitunah, Syekh Hisyam bin Mahmud, memberikan hadiah mushaf Al-Qur’an dan buku kepada Dubes Zuhairi. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim yang dikenal moderat dan mengedepankan akhlak.

“Saya selalu kagum dengan moderasi dan perangai mulia Muslim Indonesia. Saya ingin supaya kerja sama Masjid Zaitunah dan Masjid Istiqlal benar-benar bisa diwujudkan di masa-masa mendatang,” katanya.

Masjid Zaitunah, Tunis, merupakan salah satu masjid bersejarah di dunia Islam. Masjid ini pula yang menginspirasi beberapa masjid di dunia Islam, di antaranya al-Azhar Mesir dan al-Qarawiyyin Maroko.

Baca juga : Bertemu Dubes Rusia, PP GMKI Bahas Kerja Sama Teknologi Dan Beasiswa

Masjid Zaitunah kemudian menjadi Universitas Al Zaitunah, kampus bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia di Tunisia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.