Dark/Light Mode

Bahas Perang Sampai Krisis Pangan

Rusia dan Ukraina Kirim Delegasi Ke 3rd FMCBG G20 Di Bali

Rabu, 13 Juli 2022 12:19 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua negara yang tengah berperang, yakni Rusia dan Ukraina dikabarkan mengirimkan utusan delegasinya untuk mengikuti Pertemuan 3rd Finance Ministers and Central Bank Governor Meeting (FMCBG) G20, Rabu (13/7).

Bocoran kehadiran delegasi dua negara yang tengah berseteru itu disampaikan oleh Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral (PKPPIM) Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Dian Lestari, dalam Taklimat Media, Selasa (12/7) malam.

Baca juga : Lebaran Haji, PUPR Bagikan Ratusan Hewan Kurban Ke 9 Provinsi

Ia membenarkan bahwa Ukraina ikut diundang dalam pertemuan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Gubernur Bank Sentral G20 itu. Akan tetapi, kabar terakhir Menkeu Ukraina hanya bisa hadir secara virtual. "Ukraina kita undang," kata Dian di Nusa Dua, Bali.

Karena, lanjut dian, Ukraina juga diundang di FMCBG kedua, Februari lalu. Negara yang dipimpin Volodymyr Zelensky itu diminta menyampaikan pandangan dari sisi dampak perang terhadap isu ketahanan pangan atau food security.

Baca juga : Menlu Kanada Dan Amrik Siap Hadiri G20 Di Bali

"Apa saja yang menimbulkan tantangan dari sisi internasional dan masyarakat secara global, terutama isu food security. Diundang sesi kesatu, kehadiran virtual Menkeu Ukraina," terangnya.

Bagaimana dengan Rusia? Dian mengatakan, Menkeu Rusia juga diundang. Tapi juga hanya bisa hadir secara virtual. Tapi negara yang dikomandoi Vladimir Putin itu juga mengirimkan utusan yang hadir secara fisik. Yakni Deputi Gubernur Bank Sentralnya. "Rusia nanti menterinya hadir virtual, deputinya datang secara fisik," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.