Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menang Telak, Ranil Wickremesinghe Sah Gantikan Rajapaksa

Rabu, 20 Juli 2022 21:25 WIB
Ranil Wickremesinghe (Foto Xinhua/Gayan Sameera/Zuma)
Ranil Wickremesinghe (Foto Xinhua/Gayan Sameera/Zuma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Ranil Wickremesinghe terpilih menjadi Presiden Sri Lanka, Rabu (20/7). Kemenangannya di Parlemen, terjadi di tengah antipati rakyat terhadapnya. Demonstran menyebutnya sebagai sekutu Gotabaya Rajapaksa kabur dari negara yang dilanda krisis, dan mengundurkan diri pekan lalu.

PM yang telah menjabat sebanyak enam kali itu menang dengan 134 suara dari 225 anggota parlemen. Kandidat kedua Dullas Alhapperuma meraup 82 suara. Sementara kandidat yang ketiga yaitu Anura Kumara Dissanayaka hanya mendapatkan tiga suara.

Baca juga : Mentan Tegaskan Subsidi Pupuk Disesuaikan Kebutuhan Pangan Paling Dasar

Menjelang voting, Wicremesinghe menekankan, hubungan politiknya dengan Mahinda Rajapaksa (sebagai PM) sudah hancur. Dari karier politiknya yang panjang, ia berharap bisa mengeluarkan Sri Lanka dari krisis ekonomi maupun politik yang tengah terjadi.

Wickremesinghe (73)  telah mendeklarasikan darurat nasional, membuat massa dilarang berkumpul di sekitar tempat pemilihan. Ia juga menambahkan bahwa pemadaman listrik saat itu yang berlangsung selama lima jam, kini telah dikurangi menjadi tiga jam saja. Bantuan berupa pupuk pun telah dikirim kepada para petani. Negosiasinya dengan Badan Moneter Internasional (IMF) disebut-sebut berjalan lancar.

Baca juga : Pilpres Sri Lanka Digelar Hari Ini, Warga Nggak Mau Wickremesinghe Menang

Pelaksana Tugas (Plt) Presiden Sri Lanka itu sempat menjadi presiden sementara setelah kaburnya Goyabya Rajapaksa ke Maladewa dengan pesawat militer, lalu terbang ke Singapura dengan penerbangan komersil.

‘’Negara kita menghadapi tantangan besar, dan kita harus bekerja sama untuk memenuhi aspirasi rakyat,’’ ucap Wickremesinghe setelah kemenangannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.