Dark/Light Mode

Menang Telak, Ranil Wickremesinghe Sah Gantikan Rajapaksa

Rabu, 20 Juli 2022 21:25 WIB
Ranil Wickremesinghe (Foto Xinhua/Gayan Sameera/Zuma)
Ranil Wickremesinghe (Foto Xinhua/Gayan Sameera/Zuma)

 Sebelumnya 
Kandidat kedua Alahapperuma yang lebih disukai para pengunjuk rasa dan oposisi, telah menerima kekalahan. Ia diajak Wickremesinghe untuk bekerja sama.

"Perpecahan kami sekarang sudah berakhir," kata Wicremesinghe dalam pidato penerimaan singkat di palemen seperti dikutip dari NST.

Baca juga : Mentan Tegaskan Subsidi Pupuk Disesuaikan Kebutuhan Pangan Paling Dasar

"Bergabunglah dengan saya dan bekerja sama untuk membawa negara keluar dari krisis yang kita hadapi," ujar Wickremesinghe yang akan menjabat hingga 2024.

Perhatian dunia internasional kini tengah tertuju pada legislatif Sri Lanka karena memilih seorang pemimpin untuk melayani periode kekosongan masa jabatan yang ditinggalkan Gotabaya Rajapaksa. Jika tidak mengundurkan diri, Gotabaya Rajapaksa harusnya masih menjadi Presiden hingga berakhir masa jabatannya pada November 2024.

Baca juga : Pilpres Sri Lanka Digelar Hari Ini, Warga Nggak Mau Wickremesinghe Menang

Profil Ranil Wickremesinghe

Wickremesinghe masuk parlemen karena menang pemilihan pada 1977. Kemudian Wickremesinghe diangkat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri di pemerintahan baru Presiden Junius Jayewardene.

Baca juga : Kampus Kudu Bikin Riset Inovasi Alkes

Ia segera dipromosikan sebagai Menteri Urusan Pemuda dan Ketenagakerjaan pada 5 Oktober 1977 saat usianya baru menginjak 29 tahun. Menjadikannya sebagai menteri kabinet termuda di Sri Lanka.

Jabatan PM pertamanya ia dapatkan pada 7 Mei 1993, setelah Presiden Ranasinghe Premadasa meninggal dunia dalam insiden pembunuhan dan PM DB Wijetunga diangkat sebagai presiden. Dalam masa jabatan ini, Wickremesinghe dipuji karena dinilai mampu mendorong perekonomian Sri Lanka melalui transformasi ekonomi yang mengesankan. Ia menyelesaikan masa jabatannya sebagai perdana menteri pada tahun 1994.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.